IDENTIFIKASI JENIS LUMUT DI PEKARANGAN RUMAH DAN PENGEMBANGANNYA DALAM PERMAINAN KARTU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

Agatha Yolanda Christanty, NIM. 17106080026 (2021) IDENTIFIKASI JENIS LUMUT DI PEKARANGAN RUMAH DAN PENGEMBANGANNYA DALAM PERMAINAN KARTU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI JENIS LUMUT DI PEKARANGAN RUMAH DAN PENGEMBANGANNYA DALAM PERMAINAN KARTU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA)
17106080026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI JENIS LUMUT DI PEKARANGAN RUMAH DAN PENGEMBANGANNYA DALAM PERMAINAN KARTU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA)
17106080026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tumbuhan lumut (Bryophyta) merupakan salah satu keanekaragaman hayati di Indonesia. Lumut mudah ditemukan di lingkungan sekitar, termasuk pekarangan rumah. Pekarangan rumah sebagai potensi lokal dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Siswa mengalami kesulitan dalam penyusunan divisi dan identifikasi ciri dalam materi Dunia Tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis lumut di pekarangan rumah Dusun Puyang, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan permainan kartu identifikasi lumut di pekarangan rumah, dan mengetahui kualitas dan kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini terdiri dari tahap identifikasi lumut yang ditemukan di pekarangan rumah di Dusun Puyang dan tahap pengembangan permainan kartu identifikasi lumut di pekarangan rumah. Penelitian identifikasi lumut dengan metode purposive sampling dan eksplorasi bebas. Metode penelitian pengembangan dengan model 4D (Analysis, Design, Development, Dissemination). Hasil identifikasi lumut di pekarangan rumah yaitu ditemukan 24 genus dari 20 famili lumut. Terdiri dari 9 ordo yaitu Marchantiales, Jungermanniales, Porellales, Anthocerotales, Polytrichales, Bryales, Pottiales, Dicranales, dan Hypnales. Hasil dari identifikasi lumut kemudian dikembangkan dalam bentuk permainan kartu. Hasil akhir penelitian berupa permainan kartu identifkasi lumut. Produk dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian berupa angket. Produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, satu guru biologi, dan 15 siswa SMA N 1 Godean. Hasil penilaian permainan kartu identifikasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 94% dengan kualitas sangat layak, ahli media 77% dengan kualitas layak, guru biologi 72,72% dengan kualitas layak, dan siswa 88,13% dengan kualitas sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bryophyta, Identifikasi Tumbuhan Lumut, Permainan Kartu, Lumut Pekarangan Rumah.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 10:58
Last Modified: 23 Sep 2021 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum