PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA/MA

AURELIA REVI PUSBELINA, NIM.17106070023 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA/MA)
17106070023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA/MA)
17106070023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan berwawasan kewirausahaan merupakan pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dan metodologi pembentukan kecakapan hidup (life skill). Peserta didik diajarkan untuk mengaplikasikan pengetahuan, mengasah keterampilan dan kecakapan hidup untuk mengolah suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Hal ini tidak hanya dengan pengetahuan kognitif saja melainkan ranah afektif. Jiwa wirausaha merupakan ranah afektif yang perlu ditanamkan pada peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas e-modul chemo-entrepreneurship berbasis instagram pada materi larutan penyangga berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat pendidik kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan media sosial instagram berisi materi larutan penyangga yang memuat materi berkarakteristik CEP dan disertai pembahasan pada setiap soalnya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 88,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 93,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh pendidik kimia SMA/MA mendapatkan persentase 94,67% dengan kategori Sangat Baik (SB). E-modul ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 94,00%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, E-Modul, Chemo-entrepreneurship, Larutan Penyangga
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 11:30
Last Modified: 23 Sep 2021 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum