PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS AUDIOVISUAL PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X

Akmalia Mutiara Dewi, NIM. 17106070016 (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS AUDIOVISUAL PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS AUDIOVISUAL PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X)
17106070016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS AUDIOVISUAL PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X)
17106070016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Teknologi dan pendidikan ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Seorang guru dalam proses pembelajaran dituntut mampu memanfaatkan komputer untuk melakukan pembaharuan pembelajaran yang sesuai dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Penggunaan media sebagai sumber belajar masih sebatas menggunakan powerpoint dimana penggunaan powerpoint memiliki kelemahan yaitu membuat siswa cenderung tidak memperhatikan. Salah satu hasil produk inovasi media pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam yaitu animasi. Salah satu aplikasi pembuat animasi adalah powtoon. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi powtoon berbasis audiovisual pada materi ikatan kimia dan menganalisis kualitas video animasi powtoon berbasis audiovisual pada materi ikatan kimia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, tiga guru kimia, dan direspon oleh sepuluh siswa. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon siswa dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan media video animasi berbentuk mp4 berisi materi ikatan kimia. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 84,375% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 96,428% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 98,48% dengan kategori Sangat Baik (SB). Video ini direspon positif oleh siswa dengan persentase sebesar 95%. Berdasarkan hasil penilaian, video animasi ini bisa dijadikan alternatif media pembelajaran untuk proses pembelajaran kimia di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Video Animasi, Powtoon, Ikatan Kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 11:48
Last Modified: 23 Sep 2021 11:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum