PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD TATA NAMA KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM ULUM

Anisa Dwi Destiyawati, NIM. 17106070009 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD TATA NAMA KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM ULUM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD TATA NAMA KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM ULUM)
17106070009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD TATA NAMA KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM ULUM)
17106070009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Terdapat beberapa kendala pembelajaran di MA Miftahul Ulum pada masa pandemi. Adapun kendala pembelajaran yaitu tidak diperbolehkan menggunakan handphone. Kendala lain tidak terciptanya minat belajar siswa terkait materi tata nama kimia. Hal ini terjadi karena metode yang sering digunakan ialah ceramah. Selain itu materi tata nama kimia dianggap sulit dikarenakan banyak konsep dan hafalan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan guna mengembangkan media pembelajaran flash card untuk membantu proses belajar mandiri pada materi tata nama kimia dan mengetahui kualitas dari media flash card berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, reviewer (guru kimia), dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D menurut Thiagarajan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap develop (pengembangan). Produk yang telah dibuat ditinjau oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Sedangkan kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan tiga reviewer (guru kimia), serta direspon oleh sepuluh peserta didik MA kelas X. Kualitas produk dinilaikan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dinilaikan menggunakan lembar angket skala Guttman. Media flash card tata nama kimia yang dikembangkan merupakan media cetak berukuran 6x10cm setiap kartunya. Flash card ini berisikan konsep penamaan senyawa, daftar kation/anion penting, contoh soal, dan latihan soal. Selain itu media ini dilengkapi dengan lembar petunujuk penggunaan. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase keidealan 94,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), dari ahli media diperoleh persentase keidealan 93,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), dari guru kimia diperoleh persentase 90,27% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan respon peserta didik diperoleh persentase keidealan 98,46%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Flash card, Tata Nama Kimia, Media Pembelajaran Mandiri, MA Miftahul Ulum
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 11:52
Last Modified: 23 Sep 2021 11:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum