KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN

RACHMA MELIAWATI RUSDIANA, NIM: 17104090076 (2021) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN)
17104090076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN)
17104090076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (644kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik guru merupakan salah satu dari empat kompetensi yang perlu dimililki dan dikuasai oleh guru. Proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik, apabila siswa memiliki motivasi dalam belajar. Guru memiliki peran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kompetensi pedagogik guru di Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kepala sekolah dan guru sebagai sumber daya manusia berperan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran di sekolah. Dalam hal ini, guru perlu memiliki kompetensi pedagogik untuk menunjang proses pelaksanaan pembelajaran serta sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, ketua yayasan, dan guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan 3M (mengetahui, memahami, dan mengalami) masalah penelitian yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahap-tahap sebagai berikut reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan teknik keabsahan data dengan metode trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa guru sebagai bagian dari sumber daya manusia harus memiliki 4 kompetensi salah satunya kompetensi pedagogik. Peran kompetensi pedagogik dalam pengelolaan proses pembelajaran siswa autis yaitu mengetahui karakteristik siswa autis, menggunakan media dan metode belajar sesuai dengan program pendidikan, mengembangkan kurikulum, mengembangkan rancangan pembelajaran, mengidentifikasi potensi dan kesulitan siswa autis, mampu berkomunikasi dengan siswa autis, serta melakukan penilaian dan evaluasi secara berkesinambungan. Kemampuan guru dalam mengelola belajar akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa autis. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu melakukan observasi kepada siswa, merancang kegiatan belajar dengan kreatif, dan membangun interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar, siswa autis
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 12:02
Last Modified: 23 Sep 2021 12:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44715

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum