OPTIMALISASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19

FIFI DWI APRILIYA, NIM: 17104090064 (2021) OPTIMALISASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104090064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 NGAWI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104090064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Optimalisasi supervisi kepala sekolahmerupakan bentuk dorongan pertumbuhan, pengembangan, interaksi yang komunikatif, pemecahan masalah pembelajaran, dan komitmen dalam memperbaiki kapasitas guru. Dalam masa pandemi Covid-19, peran kepala sekolah sebagai supervisor berpengaruh kepada proses adaptasi dan peningkatan efektivitas pembelajaran online. Penelitian ini mendeskripsikan upaya optimalisasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran online di SD Muhammadiyah 1 Ngawi selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, supervisor internal (guru senior), guru kelas, tim informatika sekolah, waka kurikulum, waka sarana prasarana, wali murid dan peserta didik. Pengambilan sampel didasarkan kepada prinsip kriteria 3M (mengetahui, memahami, dan mengalami). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data menggunakan Menurut Miles dan Huberman (1984) analisis data dilakukan secara terus-menerus sampai data yang diperoleh bersifat jenuh. Teknis analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis penelitian membuktikan bahwa kepala sekolah sudah mengoptimalkan program supervisi yang sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19. Supervisi denganteknik kelompok dan pendekatan klinis, bermaksud untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran online melalui penyelesaian masalah adaptasi pembelajaran, peningkatan kompetensi guru, memenuhi faktor yang mempengaruhiefektivitas pembelajaran online dan dorongan kepadaguru, peserta didik, serta wali murid. Tahapan supervisi kepala sekolah terdiri dari perencanaan, pra-observasi, past-observasi, dan evaluasi. Tolak ukur efektivitas pembelajaran online meliputi proses, respon, dan penguasaan materi yang mempengaruhi kepuasan peserta didik dan kepercayaan wali murid. Proses pembelajaran online merupakan interaksi antara pendidik dengan konten pembelajaran, interaksi antara peserta didik dengan konten pembelajaran, interaksi antara pendidik dengan peserta didik, dan interaksi di antara peserta didik serta wali murid. Respon yang diberikan peserta didik merupakan timbal balik dari stimulus dan motivasi yang diberikan pendidik. Dan pemahaman materi diukur melalui pemberian tugas dan hasil penilaian belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Sekolah, Efektivitas Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 12:07
Last Modified: 23 Sep 2021 12:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44716

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum