PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP WORKPLACE DEVIANT BEHAVIOR (WDB) PADA PEGAWAI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

IRA KHARIROTUL MABRUROH, NIM: 17104090056 (2021) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP WORKPLACE DEVIANT BEHAVIOR (WDB) PADA PEGAWAI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP WORKPLACE DEVIANT BEHAVIOR (WDB) PADA PEGAWAI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17104090056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP WORKPLACE DEVIANT BEHAVIOR (WDB) PADA PEGAWAI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17104090056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dengan metode kuantitatif, bertujuan untuk menganalisa korelasi dan besaran pengaruh budaya organisasi terhadap bentuk workplace deviant behavior (WDB) pegawai. Teori Schwartz tentang nilai dasar manusia. Teori Cushway dan Lodge yang menyatakan budaya organisasi merupakan sistem nilai organisasi yang akan mempengaruhi cara pekerjaan dilakukan dan cara para pegawai berperilaku. Teori ini yang akan diuji dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan populasi seluruh pegawai tenaga kependidikan sebanyak 481 pegawai. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling dengan metode stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 240 pegawai. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisa menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa analisis korelasi bivariate dan analisis regresi linear sederhana menggunakan bantuan SPSS versi 24. Hasil uji korelasi bivariat menunjukkan nilai korelasi sebesar -0.226 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 atau < α = 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif dan signifikan antara budaya organisasi dengan WDB dengan kategori korelasi lemah. Sementara analisis regresi linear sederhana menunjukkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0.051 sehingga variabel WDB mampu diterangkan oleh variabel budaya organisasi sebesar 5.1%. Nilai signifikansi uji regresi adalah 0.000 < α = 0.05 dengan Thitung -3.586 dan ttabel sebesar 1.972 = Thitung > ttabel. Dengan demikian, Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya budaya organisasi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap WDB pegawai UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, M.A,
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi dan Workplace Deviant Behavior
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 12:11
Last Modified: 23 Sep 2021 12:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum