PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 2 SALATIGA

Arrum Shofiyati, NIM : 17104090037 (2021) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 2 SALATIGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 2 SALATIGA)
17104090037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 2 SALATIGA)
17104090037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kinerja sumber daya manusia (SDM) berperan penting atas keberlangsungan organisasi. Guru sebagai salah satu elemen SDM dalam bidang pendidikan perlu memerhatikan kualitas kinerja demi tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian tentang kinerja guru dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian (X1) dan kreativitas (X2) terhadap kinerja guru (Y). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Jerald tentang pengaruh kepribadian terhadap kinerja, teori Simamora tentang pengaruh kreativitas terhadap kinerja, serta teori Erick Fromm yang menyebutkan bahwa orang berkepribadian akan memuaskan kebutuhan psikologisnya secara kreatif dan produktif. Penelitian ini melibatkan 136 guru untuk dijadikan popuasi, dengan sampel sebanyak 101 guru yang penentuannya berdasarkan rumus Slovin. Seluruh anggota populasi berkesempatan untuk menjadi sampel. Sementara itu, penentuan sampel didasarkan atas random table. Analisis data dilakukan melalui SPSS 24 dengan melakukan uji korelasi (bivariat dan parisal) dan uji regresi (regresi linier berganda). Koefisien korelasi bivariat variabel kompetensi kepribadian dengan kinerja guru lebih kecil dibandingkan koefisien korelasi bivariat kreativitas dengan kinerja guru, yakni 0,748 < 0,865. Sedangkan hasil uji korelasi parsial hubungan kompetensi kepribadian dan kinerja guru dengan variabel kontrol kreativitas, menunjukkan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,345. Koefisien korelasi bivariat dan koefisien korelasi parsial kemudian dibandingkan, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa: ryx > ryxz = 0,748 > 0,345, artinya variabel kompetensi kepribadian (X1) tidak berhubungan secara langsung terhadap variabel kinerja guru (Y) dikarenakan adanya mediasi dari variabel kreativitas (X2). Kreativitas menjadi mediator dalam meningkatkan pengaruh kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru. Hasill ini didukung dengan analisis regresi yang menunjukkan bahwa kontribusi kreativitas dalam meningkatkan kinerja guru lebih besar dibandingkan kompetensi kepribadian dengan persamaan regresi linier berganda Y = 5,000 + 0,347 X1 + 0,993 X2. Kompetensi kepribadian dan kreativitas mampu menjelaskan variabilitas kinerja guru sebanyak 77,9%. Sisanya sebesar 22,1% diterangkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Rinduan Zain, MA.
Uncontrolled Keywords: kompetensi kepribadian, kreativitas, dan kinerja guru
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 12:15
Last Modified: 23 Sep 2021 12:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44718

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum