Pemahaman Muhammad Dawam Rahardjo tentang "Khairu Ummah" dalam Al-Qur'an Surah Ali Imran: 110, Hubungannya dengan Masyarakat Madani

Ramlan Rozali, 02130514 (2005) Pemahaman Muhammad Dawam Rahardjo tentang "Khairu Ummah" dalam Al-Qur'an Surah Ali Imran: 110, Hubungannya dengan Masyarakat Madani. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pemahaman Muhammad Dawam Rahardjo tentang "Khairu Ummah" dalam Al-Qur'an Surah Ali Imran: 110, Hubungannya dengan Masyarakat Madani)
01230514_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Pemahaman Muhammad Dawam Rahardjo tentang "Khairu Ummah" dalam Al-Qur'an Surah Ali Imran: 110, Hubungannya dengan Masyarakat Madani)
01230514_Bab II_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul Pemahaman Muhammad Dawam Rahardjo tentang "Khairu Ummah" dalam Al-Qur'an Surah Ali Imran: 110, Hubungannya dengan Masyarakat Madani. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimana pemahaman Muhammad Dawam Rahardjo tentang "khairu ummah" dalam Al-Qur'an surah Ali Imran: 110?, b) Bagaimana perwujudan khairu ummah hubungannya dengan masyarakat madani dalam konteks keIndonesiaan Muhammad Dawam Rahardjo?. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan objek kajiannya adalah pemahaman seorang tokoh, yaitu Muhammad Dawam Rahardjo tentang "khairu ummah" dalam AlQur;an surah Ali Imran: 110 hubungannya dengan masyarakat madani. Dari penelitian ini diketahui bahwa dalam melakukan konseptualisasi "khairu ummah", M. Dawam Rahardjo menggunakan metode penafsiran mawdhu'i atau metoe penafsiran tematis dengan mengumpulkan istilah-istilah Al-Qur'an yang berhubungan dengan masyarakat, sehingga ditemukan pemahaman yang relevan dengan fokus permasalahan.Penafsirannya menggunakan pendekatan historis-sosiologis dalam konteks kemodernan. menurut Dawam Rahardjo, khairu ummah merupakan masyarakat yang berlandaskan tauhid, sebagai masyarakat yang memiliki kecenderungan pada nilai-nilai keutamaanyang diidentikkan sebagai al Madinah Fadhila. M. Dawam Rahardjo menggunakan teori-teori masyarakat sipil (civil society). Ia memberikan tiga cara, yaitu memperluas golongan menengah dengan pembangunan ekonomi terarah, memberdayakan sistem politik dengan menciptakan kerangka kelembagaan yang lebih kondusif terhadap proses demokratisasi, serta melalui upaya-upaya penyadaran dan pendidikan politik yang menjangkau kalangan elit politik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Aziz Muslim M.Pd
Uncontrolled Keywords: khairu ummah, ali imran, masyarakat madani
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Isrowiyanti Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2021 15:18
Last Modified: 23 Sep 2021 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum