EVALUASI BANTUAN KESEHATAN, PENDIDIKAN DAN P2K2 PROGRAM KELUARGA HARAPAN BAGI BURUH TANI DI DUSUN WONOROTO

Miftakhul Rochmah, NIM.: 17107020041 (2021) EVALUASI BANTUAN KESEHATAN, PENDIDIKAN DAN P2K2 PROGRAM KELUARGA HARAPAN BAGI BURUH TANI DI DUSUN WONOROTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI BANTUAN KESEHATAN, PENDIDIKAN, DAN P2K2 PROGRAM KELUARGA HARAPAN BAGI BURUH TANI DI DUSUN WONOROTO)
17107020041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI BANTUAN KESEHATAN, PENDIDIKAN, DAN P2K2 PROGRAM KELUARGA HARAPAN BAGI BURUH TANI DI DUSUN WONOROTO)
17107020041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Program Keluarga Harapan merupakan program pengentasan kemiskinan Di Indonesia, diluncurkan sejak tahun 2007. Di Dusun Wonoroto Program Keluarga Harapan mulai beroperasi sejak tahun 2017. Peserta penerima manfaat PKH Di Dusun Wonoroto seluruhnya bekerja sebagai buruh tani. Pekerjaan penerima manfaat PKH yang homogen ini dipengaruhi oleh mayoritas masyarakat miskin dan rentan Di Dusun Wonoroto bekerja sebagai buruh tani. Pekerjaan buruh tani hanya bekerja dengan menyesuaikan musim sehingga pekerjaan tersebut tidak memiliki penghasilan tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan PKH di dusun wonoroto. Mengetahui keberhasilan dan kegagalan diberikannya bantuan kesehatan, pendidikan, serta pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberdayaan masyarakat. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan pemberdayaan PKH terletak pada aspek kesehatan, pendidikan, serta penambahan pengetahuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hal tersebut didorong dengan bantuan yang maksimal serta kemampuan akses serta penerapan pada keseharian KPM yang baik. Tidak berhasilnya pemberdayaan terletak pada peningkatan keterampilan sebagai kemampuan yang dapat digunakan untuk mengakses kemampuan ekonomi yang lebih luas. Keberhasilan pada aspek kesehatan ditandai dengan kemampuan KPM untuk pemenuhan kebutuhan pangan dengan gizi seimbang serta kemampuan akses fasilitas kesehatan saat KPM sakit. Keberhasilan pendidikan ditandai dengan pengetahuan KPM dalam parenting yang sudah modern serta kesadaran akan pentingnya pendidikan yang dibuktikan dengan adanya 5 anak KPM yang mampu mengakses pendidikan hingga perguruan tinggi. Keberhasilan penambahan pengetahuan ditandai dengan pemahaman dan penerapan pengetahuan kesehatan, pendidikan, serta pengelolaan keuangan keluarga. Sedangkan tidak berhasilnya penambahan keterampilan ditandai dengan tidak berkembangnya akses ekonomi KPM. Meski demikian namun intensitas penjualan harta benda pada saat paceklik sudah berkurang jika dibandingkan dengan sebelum penerimaan PKH. Hambatan keberhasilan ekonomi dari pelatihan keterampilan dipengaruhi oleh nominal bantuan dana yang terlalu sedikit, pemilihan tema pelatihan yang tidak tepat, serta pemahaman yang diberikan pendamping akan tujuan PKH masih kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos,, M.A
Uncontrolled Keywords: Bantuan, Program Keluarga Harapan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 06 Oct 2021 10:15
Last Modified: 06 Oct 2021 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum