KONSEP SEKOLAH PERJUMPAAN M. HUSNI MUADZ DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Widy Astuti, NIM.: 13410054 (2020) KONSEP SEKOLAH PERJUMPAAN M. HUSNI MUADZ DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP SEKOLAH PERJUMPAAN M. HUSNI MUADZ DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP SEKOLAH PERJUMPAAN M. HUSNI MUADZ DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Konsep Sekolah Perjumpaan M. Husni Muadz dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Agama Islam. Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan tujuan diselenggarakannya. Hal itu terlihat dari masih banyaknya kasus intoleransi atas nama agama, kasus kenakalan remaja, dan masih banyak terjadi perilaku korupsi. Untuk itulah penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif pemikiran dalam hal konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa konsep Sekolah Perjumpaan M. Husni Muadz dan apa relevansinya terhadap tujuan pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemikiran Sekolah Perjumpaan Husni Muadz terkait relevansinya terhadap pencapaian tujuan pendidikan agama islam. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan berupa kajian pemikiran M. Husni Muadz dalam buku Sekolah Perjumpaan. Penelitian ini adalah studi kajian mendalam mengenai sejarah, ide atau gagasan orisinal, serta konteks sosio- historis M. Husni Muadz. Sumber primer yang digunakan adalah Buku Sekolah Perjumpaan (Normalisasi Menuju Relasi Sosial Yang Terbuka, Toleran Dan Saling Berterima Pada Masyarakat Yang Heterogen) karya M. Husni Muadz. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan historis-filosofis. Hasil dari penelitian ini, Konsep Sekolah Perjumpaan menekankan pentingnya pembelajaran praksis dengan kesadaran intersubyektivitas. Metode yang digunakan adalah Dialog Perjumpaan dengan mengedepankan tindakan Ilokosi bahasa. Kaitannya dengan tujuan pendidikan agama islam Sekolah perjumpaan menginginkan adanya pembenahan terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal itu dirasa belum optimal karena selama ini lebih mengedepankan aspek kognitif dibandingkan dengan praksisnya dalam kehidupan sosial. Pembelajaran dengan dialog perjumpaan yang positif serta menumbuhkan kerjasama yang mutual untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan akan dengan sendirinya mengatasi permasalahan Intoleransi dan kenakalan remaja di sekolah dan lingkungan sekitar. Kata Kunci: Sekolah Perjumpaan, Tujuan Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. MOHAMMAD AGUNG ROKHIMAWAN, M.PD.
Uncontrolled Keywords: Sekolah Perjumpaan, Tujuan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos. WIDYASTUTI KARTINI
Date Deposited: 24 Sep 2021 11:52
Last Modified: 24 Sep 2021 11:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum