PERATURAN DAERAH TUBAN NOMOR 17 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN TAMAN PEMAKAMAN PERSPEKTIF MAṢLAḤAH MURSALAH

M TOB HASAN FADHLI, NIM.: 16370072 (2020) PERATURAN DAERAH TUBAN NOMOR 17 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN TAMAN PEMAKAMAN PERSPEKTIF MAṢLAḤAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERATURAN DAERAH TUBAN NOMOR 17 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN TAMAN PEMAKAMAN PERSPEKTIF MAṢLAḤAH MURSALAH)
16370072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERATURAN DAERAH TUBAN NOMOR 17 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN TAMAN PEMAKAMAN PERSPEKTIF MAṢLAḤAH MURSALAH)
16370072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemakaman tidak hanya tempat penanaman mayat, namun juga berfungsi bagi peziarah yang masih hidup. Tuban termasuk wilayah yang tergolong luas untuk menyediakan TPU bagi masyarakat disekitarnya. Upaya pemerintah dalam menanggulangi permasalahan tersebut dibuatkan Perda No. 17 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Taman Pemakaman yang bertujuan untuk mengelola TPU agar tertib dan berkelanjutan sesuai dengan ketentuan tata ruang, aspek sosial, budaya dan keagamaan. Fokus permasalahan dalam penelitian ini terkait eksistensi perda no.17 tahun 2016 tentang pengelolaan taman pemakaman serta analisis sanksi administratif yang tercantum dalam pasal 41 yang mana dalam pasal tersebut termuat sanksi berupa teguran, pembongkaran paksa dan denda sebanyak dua puluh lima juta rupiah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian pustaka (library research) yaitu jenis penelitian yang mengkaji tentang kepustakaan yang berkaitan dengan teori maṣlaḥah mursalah. Objek penelitiannya yaitu Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Taman Pemakaman di Kabupaten Tuban. Dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analitis, deskriptif analistis merupakan metode penelitian yang menguraikan sekaligus menganalisis persoalan-persoalan yang diangkat . Penelitian ini mendeskripsikan dan menelaah Peraturan Daerah No. 17 Tahun 2016 tentang pengelolaan taman pemakaman di Kabupaten Tuban dan menganalisis menggunakan teori maṣlaḥah mursalah. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal, penelitian terdahulu, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Sementara teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori maṣlaḥah mursalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Eksistensi Peraturan Daerah Nomor 17 tahun 2016 tentang Pengelolaan Taman Pemakaman, belum diketahui masyarakat umum secara menyeluruh, hal ini disebabkan karena pemerintah daerah kurang mensosialisasi perda tersebut kepada masyarakat. Sosialisasinya hanya sekedar mengumumkan disaat petugas sedang kunjungan kerja di acara safari jumat dan tidak adanya papan larangan di TPU. Pandangan maṣlaḥah mursalah terhadap eksistensi Perda No. 17 tahun 2016 masuk kedalam kategori maṣlaḥah mursalah al-Ḥajjiyah , yang mana perda tersebut belum begitu darurat ataupun dibutuhkan oleh masyarakat Tuban. disebabkan wilayah tuban masih sangat luas dan penduduknya belum padat seperti jakarta, surabaya atau semarang yang sudah padat penduduk serta pandangan maṣlaḥah mursalah terhadap pasal 41 Perda Nomor 17 tahun 2016 tentang Pengelolaan Taman Pemakaman sudah sesuai dengan teori at -Tadarruj fi at-Tasyrî' yaitu kebertahapan hukum mulai dari teguran, pembongkaran paksa dan denda. Kata Kunci : Taman Pemakaman Umum, Peraturan Daerah, Maṣlaḥah Mursalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. H. M. NUR, S.AG., M.AG.
Uncontrolled Keywords: Taman Pemakaman Umum, Peraturan Daerah, Maṣlaḥah Mursalah
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: S.Sos. WIDYASTUTI KARTINI
Date Deposited: 24 Sep 2021 13:31
Last Modified: 24 Sep 2021 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44742

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum