TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA AKAD PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT TUMANG - BOYOLALI (Studi Kasus Pada 3 Nasabah di BMT Kantor Cabang Salatiga)

Emi Tasliyah, NIM.: 13380029 (2020) TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA AKAD PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT TUMANG - BOYOLALI (Studi Kasus Pada 3 Nasabah di BMT Kantor Cabang Salatiga). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA AKAD PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT TUMANG - BOYOLALI (Studi Kasus Pada 3 Nasabah di BMT Kantor Cabang Salatiga))
13380029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA AKAD PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT TUMANG - BOYOLALI (Studi Kasus Pada 3 Nasabah di BMT Kantor Cabang Salatiga))
13380029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan mudharabah merupakan produk yang menjadi primadona di lembaga keuangan syariah. Permintaan yang tinggi membuat pembiayaan rentan terjadi masalah. Masalah yang lazim muncul adalah pembayaran angsuran pembiayaan tidak tepat waktu. Namun muncul masalah cukup rumit di mana nasabah telah melakukan ingkar pada akad (wanprestasi) dengan menggunakan dana mudharabah untuk tujuan konsumsi bukan untuk usaha. Wanprestasi yang dilakukan nasabah merupakan bentuk ketidakpatuhan dalam menjalankan akad. Oleh karena itu, peneliti meninjau aspek sosiologi nasabah wanprestasi untuk mengetahui kepatuhan nasabah pembiayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi hukum dengan menggunakan metode studi lapangan. Lokasi penelitian pada BMT Tumang Boyolali Cabang Salatiga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi serta wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif untuk menjawab permasalahan penelitian secara deskriptif kualitatif tinjauan sosiologi nasabah wanprestasi pada akad pembiayaan mudharabah di BMT Tumang Boyolali. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis data, penelitian ini mendapatkan hasil dan disimpulkan antara lain. Pertama, nasabah pembiayaan tidak patuh akan akad yang diperjanjian. Hal tersebut terjadi karena nasabah kurang memiliki kesadaran akan keberlangsungan suatu akad pembiayaan syariah. Hal tersebut mencerminkan nasabah kurang sadar akan isi perjanjian sehingga tidak patuh dan ingkar janji, di mana sifat ingkar merupakan bentuk penyimpangan sosial terutama ketetapan hukum dari sebuah perjanjian. Kedua, faktor-faktor yang menyebabkan nasabah melakukan ketidakpatuhan dan wanprestasi ialah (1) faktor ketidakfahaman nasabah akan akad syariah yang membuat mereka memiliki karakter dan perilaku yang kurang baik dan rela berbohong dalam penggunaan dana untuk keperluan pribadi. (2) Faktor teknis pembiayaan di mana karyawan BMT tidak melakukan pengawasan usaha serta kurang tegas menjalankan program jemput bola dan maintainance pembiayaan. (3) Faktor ekonomi menunjukkan nasabah kesulitan mengembalikan angsuran dikarenakanan usahanya yang mandeg atau ekonomi yang sulit. Hal tersebut terjadi karena nasabah tidak diawasi dan tidak diberikan masukan oleh BMT dalam keberlangsungan usahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kholid Zulfa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: mudharib; kepatuhan; BMT Tumang Boyolali;
Subjects: Ekonomi Syariah
Koperasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Sep 2021 05:52
Last Modified: 27 Sep 2021 05:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44763

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum