TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH “PENGEPUL” (Studi Kasus Pada Jual - Beli Tembakau di Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung)

AJI REKA MAYASA, NIM.: 16380064 (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH “PENGEPUL” (Studi Kasus Pada Jual - Beli Tembakau di Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH “PENGEPUL” (Studi Kasus Pada Jual - Beli Tembakau di Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung))
16380064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH “PENGEPUL” (Studi Kasus Pada Jual - Beli Tembakau di Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung))
16380064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern membuat persoalan jual beli tembakau di masyarakat semakin meluas seperti halnya pada masyarakat Desa Legoksari Kecamatan Tlogmulyo Kabupaten Temanggung. Dalam praktiknya seringkali pihak petani dirugikan karena pengepul merubah harga secara sepihak padahal sebelumnya terjadi akad dan kesepakatan harga yang dilakukan kedua belah pihak. Praktik ini sudah seringkali terjadi di kalangan masyarakat Legoksari dan terjadi sudah lama hingga menjadi suatu kebiasaan. Kajian ini berusaha menjawab pertanyaan pokok: Bagaimana proses terjadinya perubahan harga secara sepihak oleh pengepul dalam jul beli tembakau? dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perubahan harga secara sepihak oleh pengepul dalam jual beli beli tembakau di Desa Legoksari Kecamatan Tlogomulyo Kabupaten Temanggung?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan atau dilokasi yang akan menjadi objek penelitian. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu penelitian yang mendapatkan data empiris yang ada dilapangan kemudian dianalisis berdasarkan tinjauan hukum Islam. Sedangkan dalam metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, populasi, sampel, dan kepustakaan Berdasarkan penelitian di lapangan, penyusun menyimpulkan bahwa yang melatarbelakangi perubahan harga secara sepihak oleh pengepul tembakau terhadap petani masih berlangsung hingga sekarang disebabkakn karena spekulasi pengepul yang meleset. Selain itu tembakau yang dibawa pengepul ke gudang tembakau tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh gudang tembakau. Faktor cuaca menjadi salah satu alasan kualitas tembakau mudah berubah menyebabkan pabrik menurunkan harga. Praktik jual beli tembakau dengan perubahan harga secara sepihak di Desa Legoksari ini terdapat unsur ketidak-adilan dan unsur ketidak-jelasan berupa perubahan harga secara sepihak tanpa persetujuan. Praktik jual beli tembakau di Desa Legoksari ini, terjadinya fluktuasi harga dapat merugikan pihak petani (penjual) akan tetapi karena sifat komoditi tembakau unik yakni bersifat spekulatif maka tidak mungkin untuk dihindari. Hal tersebut merupakan situasi dharurat sepanjang ada keterbukaan dan fairness dalam menanggung resiko dan berbagi keuntungan. Akad jual beli tembakau di Desa Legoksari tersebut jika ditinjau dari asas ‘adalah, termasuk akad yang tidak syah sifatnya. Dalam artian akad tersebut telah terpenuhi rukun dan syarat terbentuknya, tetapi belum memenuhi syarat keabsyahannya. Kata Kunci: Perubahan Harga Sepihak, Jual Beli, Tinjauan Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. SYAFAUL MUDAWAM. M.A., M.M.
Uncontrolled Keywords: Perubahan Harga Sepihak, Jual Beli, Tinjauan Hukum Islam
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: S.Sos. WIDYASTUTI KARTINI
Date Deposited: 27 Sep 2021 10:41
Last Modified: 27 Sep 2021 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum