PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

KHOIRUL MUNAWAROH, NIM. 17104090034 (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17104090034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17104090034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan besaran pengaruh antarvariabel bauran pemasaran dengan variabel kepuasan mahasiswa. Penelitian ini didasarkan pada teori Stanton tentang pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dengan populasi sejumlah 452 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling sehingga diperoleh responden 214 mahasiswa. Pada penelitian ini, variabel bauran pemasaran sebagai variabel independen dan variabel kepuasan mahasiswa sebagai variabel dependen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis pada olah data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20. Hasil dari uji korelasi bivariat menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0.764 dan nilai signifikansi 0.000 atau lebih kecil dari  = 0.05. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara bauran pemasaran dan kepuasan mahasiswa dengan kategori kuat sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sementara itu, hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.583. Artinya, variabel Y mampu diterangkan oleh variabel X sebesar 58.3%. Nilai signifikansi uji regresi sebesar 0.000 <  = 0.05. Dengan begitu, Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, variabel bauran pemasaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebesar 58.3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S. Ag, MA
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran dan kepuasan mahasiswa
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Sep 2021 21:50
Last Modified: 27 Sep 2021 21:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44794

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum