IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH KHAIRUL UMMAH BATU GAJAH INDRAGIRI HULU RIAU

LEZA AYUNING SUNDARI, NIM: 17104090018 (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH KHAIRUL UMMAH BATU GAJAH INDRAGIRI HULU RIAU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH KHAIRUL UMMAH BATU GAJAH INDRAGIRI HULU RIAU)
17104090018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH KHAIRUL UMMAH BATU GAJAH INDRAGIRI HULU RIAU)
17104090018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor pendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran di sekolah. Guna memaksimalkan dukungan sarana dan prasarana, maka perlu dikelola dengan baik. MTs Khairul Ummah berupaya mengimplementasikan pengelolaan sarana dan prasarana sesuai dengan pedoman pemerintah, agar para guru dan peserta didik lancar dalam proses kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan proses manajemen sarana dan prasarana di MTs Khairul Ummah, menguraikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di MTs Khairul Ummah serta upaya-upaya penyelesaian masalah dalam sarana dan prasarana di MTs Khairul Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) MTs Khairul Ummah Batu Gajah Indragiri Hulu Riau, melakukan perencanaan, pengadaan, penginventarisasian, pemeliharaan dan penghapusan dalam pengelolaan sarana dan prasarananya; (2) Faktor pendukung pada pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Khairul Ummah meliputi; tersedianya dana BOS, tersedia dana Yayasan Islam Indragiri Hulu, dan adaya baitul mall MTs Khairul Ummah; (3) Faktor penghambat pada pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Khairul Ummah adalah independensi sekolah dalam mengembangkan sarana dan prasarana tidak ada karena berada di bawah Yayasan Islam Indragiri Hulu sehingga harus mengikuti maket plan yang sudah direncanakan oleh pihak yayasan; (4) Melakukan koordinasi dengan pihak yayasan adalah salah satu upaya madrasah dalam mengatasi faktor penghambat yang terjadi pada manajemen sarana dan prasarana. Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di MTs Khairul Ummah lebih baik dari pada sebelumnya. Hal ini ditandai dengan pemberian kode pada barang inventaris dan pembuatan berita acara terkait pemusnahan barang. Meskipun begitu, sebaiknya MTs Khairul Ummah memiliki surat terkait dengan penerimaan barang serta membentuk tim khusus untuk penghapusan sarana dan prasarana. Selain berkoordinasi dengan pihak yayasan mengenai perkembangan sarana dan prasarana, MTs dapat melakukan pembaharuan gazebo dengan melakukan pengumpulan dana melalui Baitul Mall dari orang tua siswa atau melakukan pameran karya seni setiap akhir semester agar dapat terealisasi dalam jangka waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nora Saiva Jannana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana, Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Sep 2021 21:56
Last Modified: 27 Sep 2021 21:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum