IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN BERBASIS PELAYANAN PRIMA DI MAN 1 DARUSSALAM CIAMIS

Hanna Fauziah, NIM.17104090007 (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN BERBASIS PELAYANAN PRIMA DI MAN 1 DARUSSALAM CIAMIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN BERBASIS PELAYANAN PRIMA DI MAN 1 DARUSSALAM CIAMIS)
17104090007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN BERBASIS PELAYANAN PRIMA DI MAN 1 DARUSSALAM CIAMIS)
17104090007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemasaran jasa pendidikan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan, pemasaran merupakan kegiatan lembaga pendidikan dalam menyediakan pelayanan jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga konsumen merasa puas. Lembaga pendidikan berusaha menjamin mutu pendidikan dengan memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi konsumen, hal tersebut dilakukan agar lembaga pendidikan memiliki nilai dan daya tarik yang tinggi sehingga mampu terus bersaing pada arus globalisasi yang semakin ketat. Maka lembaga pendidikan harus menerapkan konsep dan strategi pemasaran jasa yang tepat dalam menjawab tantangan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep strategi pemasaran jasa pendidikan, implementasi strategi pemasaran berbasis pelayanan prima dalam mempertahankan mutu pendidikan, dan dampak dari implementasi pelayanan prima di MAN 1 Darussalam Ciamis Jawa Barat. Dengan ini, hasil penelitian akan berdaya guna dalam bidang pendidikan khususnya mengenai implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan berbasis pelayanan prima. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekataan analisis deskriptif, subjek penelitian ditentukan berdasarkan narasumber yang mengetahui, memahami, dan mengalami topik permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang objektif dan komprehensif berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik analisis dan olah data menggunakan metode Miles dan Huberman (1984) melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pelayanan prima dengan pendekatan bauran pemasaran 7P berjalan dengan efektif dan menghasilkan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen terutama peserta didik. Implementasi konsep pelayanan prima dalam strategi pemasaran jasa pendidikan yang diterapkan dengan konsep Total Quality Management (TQM) dan Total Quality Service (TQS) memiliki karakteristik: (a) fokus pada pelanggan; (b) keterlibatan total; (c) adanya dukungan sistematis; dan (d) perbaikan berkelanjutan dengan menerapkan siklus plan-do-study-act (PDSA). Sehingga penerapan konsep tersebut memberikan dampak positif terhadap pola pemasaran jasa pendidikan, mutu pendidikan, prestasi dan kualitas peserta didik (output dan outcome), mempertahankan pelangggan, serta mampu meningkatkan kepuasan pelanggan baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal di MAN 1 Darussalam Ciamis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi Strategi Pemasaran, Pelayanan Prima, Mutu Pendidikan, Total Quality Management, Total Quality Service
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Sep 2021 22:02
Last Modified: 27 Sep 2021 22:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44796

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum