KONSEP MAHABBAH (CINTA) DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN KARYA AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN KONTEKS KEKINIAN

Fadilla Cahya Ramadhanty, NIM. 16510044 (2021) KONSEP MAHABBAH (CINTA) DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN KARYA AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN KONTEKS KEKINIAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MAHABBAH (CINTA) DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN KARYA AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN KONTEKS KEKINIAN)
16510044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MAHABBAH (CINTA) DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN KARYA AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN KONTEKS KEKINIAN)
16510044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Konsep Mahabbah (cinta) dalam Kitab Ihya Ulumuddin Karya Al-Ghazali.” Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan manusia modern yang memiliki berbagai problem salah satunya masalah eksistensial, yaitu orang yang ingin diakui keberadaannya, mereka membutuhkan seorang teman spesial atau orang yang dicintai. Karena dengan cinta, manusia sadar bahwa diri mereka ada. Manusia zaman sekarang sangat membutuhkan cinta, karena tanpa cinta manusia akan merasa kosong atau kehampaan dalam hidup. Sehingga bagi penulis ajaran mahabbah dalam tasawuf bisa menjadi solusi bagi manusia modern yang memiliki berbagai problem akan cinta. Tokoh yang penulis angkat dalam penelitian ini yaitu Imam al-Ghazali dengan membahas ajaran mahabbahnya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) bagaimana konsep mahabbah menurut pemikiran Al-Ghazali dalam kitab ihya ulumuddi?, 2) bagaimana relevansi mahabbah al-Ghazali dalam konteks kekinian?. Penelitian bertujuan untuk mengetahui konsep mahabbah menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin dan relevansinya dengan konteks sekarang, juga dapat memberi sumbangsih dalam pemikiran dunia tasawuf. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan “library research” dengan menggunakan metode analisis data yaitu dengan membaca, menulis dan mengumpulkan data-data melalui telaah pustaka. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dalam buku Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali. Sedangkan data sekunder sebagai data pendukung dalam skripsi ini yang relavan dengan tema penelitian yakni konsep mahabbah Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, konsep mahabbah / cinta dalam kitab Ihya Ulumuddin menurut Imam Al-Ghazali yaitu, kecintaan terhadap Tuhannya. Mahabbah adalah perasaan hati yang ada dalam diri seorang mukmin atau orang yang beriman, dan bila mencintai Allah, Allah akan membalas dengan cinta. Menurut Al-Ghazali segala sebab-sebab mahabbah dan bersandar dengan Dzat Allah. Hal tersebut merupakan konsep mahabbah yang bermuara pada satu titik yaitu Allah. Relevansi mahabbah al-Ghazali akan tetap relevan di masa akan datang, karena konsep mahabbah Imam al-Ghazali sangat mudah di mengerti dan dipahami sehingga akan relevan jika dikaitkan dengan masa kini. Mahabbah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masa kini atau pada abad milenial ini, selain tuntutan cinta terhadap Tuhan-Nya, manusia juga di tuntut untuk memiliki rasa cinta terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Fatkhan, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Mahabbah (cinta), Ihya Ulumuddin, Al-Ghazali.”
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:09
Last Modified: 28 Sep 2021 06:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum