PEMIKIRAN KEUTAMAAN MORAL DALAM NOVEL MANUSKRIP YANG DITEMUKAN DI ACCRA KARYA PAULO COELHO PERSPEKTIF ARISTOTELES

GINANJAR ADI SETIAWAN, NIM. 17105010080 (2021) PEMIKIRAN KEUTAMAAN MORAL DALAM NOVEL MANUSKRIP YANG DITEMUKAN DI ACCRA KARYA PAULO COELHO PERSPEKTIF ARISTOTELES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN KEUTAMAAN MORAL DALAM NOVEL MANUSKRIP YANG DITEMUKAN DI ACCRA KARYA PAULO COELHO PERSPEKTIF ARISTOTELES)
17105010080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN KEUTAMAAN MORAL DALAM NOVEL MANUSKRIP YANG DITEMUKAN DI ACCRA KARYA PAULO COELHO PERSPEKTIF ARISTOTELES)
17105010080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Diskusi mengenai moral dalam diskursus filsafat masih layak dan terus diperbincangkan sebab berhubungan dengan pertanyaan etis bagaimana manusia menjalani kehidupan. Moral diartikan suatu ajaran baik maupun buruk yang menjadi pedoman dalam kehidupan yang baik. Ajaran moral dapat disampaikan melalui lisan maupun tulisan. Melalui tulisan pemikiran moral dapat disampaikan dalam wujud karya sastra. Salah satu karya sastra yang representatif memuat pemikiran moral yakni novel Manuskrip yang Ditemukan di Accra karya Paulo Coelho. Novel tersebut menarasikan pemikiran moral yang menyangkut permasalahan pergulatan eksistensial secara etis kehidupan manusia. Diskurus mengenai moral dimasuki oleh para filosof yang salah satunya yakni Aristoteles. Aritoteles dalam memandang moral menggagas pandangan keutamaan moral. Dia menyatakan, bahwa keutamaan moral meliputi kebaijkan-kebajikan partikular. Kebajikan-kebajikan partikular dapat diperoleh di antara dua kutub ekstrem kelebihan dan kutub ekstrem kekurangan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif kepustakaan. Penelitian yang diangkat oleh penulis difokuskan pada kajian yang mendalam mengenai novel dan keutamaan moral. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Manuskrip yang Ditemukan di Accra karya Paulo Coelho sebagai objek material. Novel tersebut berjudul asli Manuscrito Encantrando em Accra yang diterjemahkan oleh Tanti Lesmana diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama di Jakarta. Kajian didukung dengan sumber sekunder yakni Nicomachean Etics yang berkaitan dengan keutamaan moral karya Aristoteles sebagai pisau analisis atau objek formal. Selain itu, sumber sekunder lainnya berupa buku, artikel, serta tulisan lain yang membahas mengenai keutamaan moral Aristoteles serta novel dan Paulo Coelho. Penelitian ini menggunakan metode interpretasi dan analisis. Berdasarkan tiga rumusan masalah yang diangkat oleh penulis terdapat tiga kesimpulan dalam penelitian ini. Pertama, pandangan keutamaan moral Aristoteles berhubungan dengan berbagai kebajikan partikular berdasarkan pertimbangan secara rasional dan emosi. Rumusan kebajikan partikular terletak di antara kutub ekstrem kelebihan dan kutub ekstrem kekurangan yang disebut dengan jalan tengah. Kedua, ditemukan sejumlah bahasan pemikiran keutamaan moral yang meliputi sejumlah kebajikan partikuar dalam novel Manuskrip yang Ditemukan di Accra. Ketiga, bahasan jalan tengah yang sering muncul yakni keberanian. Hal ini menunjukkan, bahwa Manuskrip yang Ditemukan di Accra gencar dalam menggelorakan keberanian sebagai kebajikan partikular. Bahasan jalan tengah lain yang muncul dua kali yakni mengenai pengendalian diri dan kebesaran jiwa. Kebajikan partikular lainnya yang hanya muncul sekali yakni kesetiaan, kemurahan hati/dermawan, kepedulian, dan kebijaksanaan. Sejumlah kebajikan partikular tersebut termasuk ajaran akhlak dalam agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. ROBBY HABIBA ABROR, S. Ag., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Keutamaan moral, Manuskrip yang Ditemukan di Accra, Aristoteles
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Sep 2021 17:40
Last Modified: 28 Sep 2021 17:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44824

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum