Nilai-Nilai Keberagamaan Komunitas Koalisi Pemuda Hijau Indonesia Yogyakarta (KOPHI YOGYA) dan Implikasinya terhadap Lingkungan di Yogyakarta (Kampung Hijau Yogyakarta, Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta)

DIAN PRASETYA, NIM 17105020014 (2021) Nilai-Nilai Keberagamaan Komunitas Koalisi Pemuda Hijau Indonesia Yogyakarta (KOPHI YOGYA) dan Implikasinya terhadap Lingkungan di Yogyakarta (Kampung Hijau Yogyakarta, Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Nilai-Nilai Keberagamaan Komunitas Koalisi Pemuda Hijau Indonesia Yogyakarta (KOPHI YOGYA) dan Implikasinya terhadap Lingkungan di Yogyakarta (Kampung Hijau Yogyakarta, Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta))
17105020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Nilai-Nilai Keberagamaan Komunitas Koalisi Pemuda Hijau Indonesia Yogyakarta (KOPHI YOGYA) dan Implikasinya terhadap Lingkungan di Yogyakarta (Kampung Hijau Yogyakarta, Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta))
17105020014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keberagamaan dan lingkungan merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahakan dalam kehidupan manusia, karena manusia membutuhkan lingkungan (alam) dan manusia harus mempunyai sikap keberagamaan, Bagaimana nilai nilai keberagamaan dalam gerakan komunitas dan Bagaimana implikasi gerakan komunitas KOPHI bagi lingkungan. Dua fokus masalah tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan manusia dan alam. Karena merawat dan menjaga alam lingkungan merupakan tugas kewajiban setiap manusia yang ada di bumi ini, serta manusia hidup di bumi dengan segala bentuk kebutuhan hidupnya diberi oleh alam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (kualitatif) pada metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara , dan dokumentasi secara langsung pada komunitas tersebut, pendekatan yang diambil penelitian ini yaitu dengan pendekatan sosiologi serta menggunakan teorinya Seyyed Houssein Nasr mengenai Islam dan krisis lingkungan. Penelitian ini menjelaskan tentang nilai - nilai keberagamaan pada komunitas lingkungan (alam), Krisis lingkungan yang terjadi saat ini sebenarnya bersumber pada kesalahan fundamentalis filosofis dalam pemahaman atau cara pandang manusia terhadap dirinya, alam, dan tempat manusia dalam keseluruhan ekosistem. Krisis lingkungan juga sama halnya dengan kearifan ekologi yang merupakan bentuk hubungan dimana manusia harus belajar melihat alam sebagai kawan kita, dan keberagamaan menyadarkan kesadaran beragama, karena akan mereflesikan dalam pribadi orang yang beriman dan bertaqwa dengan wujud kepatuhan terhadap Tuhan yang dilandasi oleh keyakinan dalam diri seseorang mengenai pentingnya seperangkat nilai yang dianut, yaitu nilai keadilan, nilai keshalehan, dan nilai transenden. Ada beberapa hasil ditemukan dalam penelitian ini yaitu kita dapat mengetahui makna Keberagamaan yang begitu luas, seperti: 1) menerapkan hubungan timbal balik antara alam dan manusia. 2) memiliki nilai nilai keadilan terhadap alam. 3) serta mempunyai nilai kesalehan terhadap kepeduliaan alam lingkungan ini. Itulah makna Keberagamaan sebenarnya yang memiliki nilai keadilan nilai transenden, dan nilai kesalehan terhadap manusia maupun alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Derry Ahmad Rizal M.A
Uncontrolled Keywords: nilai nilai , Keberagamaan, Lingkungan (Alam)
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Sep 2021 23:19
Last Modified: 28 Sep 2021 23:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum