KONTEKSTUALISASI AYAT QS. AL-BAQARAH (2): 221 MENGENAI NIKAH BEDA AGAMA DALAM PARADIGMA TAFSIR ABDULLAH SAEED

Wildan Maulana Shiddiq, NIM. 17105030001 (2021) KONTEKSTUALISASI AYAT QS. AL-BAQARAH (2): 221 MENGENAI NIKAH BEDA AGAMA DALAM PARADIGMA TAFSIR ABDULLAH SAEED. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTEKSTUALISASI AYAT QS. AL-BAQARAH (2): 221 MENGENAI NIKAH BEDA AGAMA DALAM PARADIGMA TAFSIR ABDULLAH SAEED)
17105030001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTEKSTUALISASI AYAT QS. AL-BAQARAH (2): 221 MENGENAI NIKAH BEDA AGAMA DALAM PARADIGMA TAFSIR ABDULLAH SAEED)
17105030001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Allah menciptakan manusia di muka bumi dengan keragaman. Hal itu merupakan sunnatullah yang tidak bisa ditolak realitanya. Tujuan diciptakannya keberagaman adalah agar manusia dapat mengenal satu sama lain dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Salah satu keberagaman yang dirasakan sekarang adalah keberagaman agama, khususnya di Indonesia. Terdapat banyak agama yang terdapat di Indonesia, seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, dan lain sebagainya. Adanya keberagaman agama tersebut memungkinkan terjadinya pernikahan dengan pemeluk agama yang berbeda. Akan tetapi, pernikahan beda agama masih di anggap tabu oleh sebagian kalangan masyarakat, juga aturan pemerintah yang tidak bisa menaungi seluruh hak masyarakat Indonesia yang plural. Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 221 adalah ayat tentang nikah beda agama yang digunakan oleh MUI sebagai hujjah dalam menetapkan hukum nikah beda agama di Indonesia. Keilmuan tafsir hingga sekarang mengalami banyak perkembangan yang sangat pesat. Salah satu teori penafsiran yang muncul di Era kontemporer adalah teori penafsiran kontekstual Abdullah Saeed. Teori kontekstual merupakan jawaban untuk merealisasikan al-qur’an shālih fi kulli zamān wa makān. Karena penafsiran kontekstual tidak hanya terfokus kepada teks, tapi juga menganalisis konteks pada saat ayat turun dan konteks pada saat ayat ditafsirkan. Sehingga bisa mendapatkan penafsiran yang komprehensif dan relevan di Era Kontemporer. Dalam skripsi ini, Qs. Al-Baqarah ayat 221 dianalisis menggunakan teori kontekstual Abdullah Saeed untuk menemukan makna kontekstual dan relevansi ayat yang akan dianalisis. terdapat 4 stages yang diterapkan dalam menganalisis suatu ayat, 1). Perjumpaan dengan dunia teks, 2). Analisis Teks, 3). Mencari makna penerima pertama, 4). Mencari makna kontekstual di era sekarang. Larangan pernikahan beda agama yang terdapat dalam Qs. Al-Baqarah ayat 221 ditujukan kepada seorang sahabat yang ingin menikahi wanita musyrik Makkah ketika ia diutus Rasulullah ke Makkah. Terjadi perbedaan pendapat dan pergeseran makna kata musyrik dalam ayat tersebut. Mufasir pra-modern, seperti Ṭabari, Ibn Katsir, cenderung menafsirkan kata musyrik dalam ayat tersebut secara umum. Sehingga orang non-muslim yang ada sekarang termasuk keadalamnya. Kemudian di era modern, justru makna musyrik bergeser menjadi orang musyrik Arab yang menyembah berhala dan memusuhi umat Islam, sebagaimana yang dikatakan Rashid Rida, Zamakhsyari dan Tabataba’I. Sehingga umat nonmuslim yang ada sekarang tidak termasuk di dalamnya. Jadi, Qs. Al-Baqarah ayat 221 tidak relevan lagi jika diterapkan di era kontemporer. Ditambah lagi di era kontemporer sekarang terdapat nilai hak asasi manusia dan kesetaraan gender yang harus dipertimbangkan. Sehingga menurut perspektif Abdullah Saeed, pernikahan beda agama dapat dilakukan di era kontemporer saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitriana Firdausi, S. Th.I., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kontekstualisasi, Nikah Beda Agama, Abdullah Saeed
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Sep 2021 23:25
Last Modified: 28 Sep 2021 23:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum