PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Sarngi Rizqia, NIM.: 16600077 (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA)
16600077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA)
16600077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat kelas VII menggunakan model Treffinger dengan metode Talking Stick untuk memfaslitasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Perangkat pembelajaran matematika materi segiempat kelas VII yang menggunakan model Treffinger dengan metode Talking Stick untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa yang disusun terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari model penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang hanya dibatasi tiga tahap yaitu analyze, design, dan development. Sumber data penelitian dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah validator ahli atau penilai. Sedangkan data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dari lembar penilaian perangkat pembelajaran matematika model Treffinger dengan metode Talking Stick. Perangkat pembelajaran matematika model Treffinger dengan metode Talking Stick dikembangkan dengan tiga tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analyze) yang meliputi analisis kurikulum, analisis kebutuhan guru, dan analisis karakteristik siswa, kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan (design) yang terdiri dari penyusunan peta kebutuhan perangkat pembelajaran, penyusunan kerangka perangkat pembelajaran, penentuan judul perangkat pembelajaran, dan penyusunan instrumen penelitian pengembangan. Tahap berikutnya adalah tahap pengembangan (development) yaitu penulisan perangkat pembelajaran dan penyuntingan produk awal perangkat pembelajaran. Pada tahap ini perangkat pembelajaran diperoleh kualitas perangkat pembelajaran sangat baik dengan skor rata-rata 189,67 dari skor maksimal 204 dan persentase keidealan 92,98%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh bahwa perangkat pembelajaran telah teruji valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, berpikir kreatif, Treffinger, Talking Stick
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 29 Sep 2021 08:43
Last Modified: 29 Sep 2021 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44837

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum