PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LINGKARAN

Irvan Sulistiawan, NIM.: 16600079 (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LINGKARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LINGKARAN)
16600079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LINGKARAN)
16600079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi game edukasi untuk memfasilitasi pemahaman konsep berbasis etnomatematika. Produk yang dikembangkan memuat materi, game dan latihan mengenai materi lingkaran untuk memfasilitasi pemahaman konsep berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi perencanaan (planning), produksi (production), dan evaluasi (evaluation). Kriteria ketercapaian kualitas pada aplikasi game edukasi OSIRA dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli serta dinyatakan praktis oleh user. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi dan oleh ahli media aplikasi android ini mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa aplikasi game edukasi OSIRA valid. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan dilakukan oleh 15 user mendapat persentase sebesar 91% sehingga aplikasi android ini dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi game edukasi OSIRA berbasis etnomatematika layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Arfinanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: game edukasi, pemahaman konsep, lingkaran, etnomatematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 29 Sep 2021 08:54
Last Modified: 29 Sep 2021 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44838

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum