DIMENSI MAQASID DALAM TAFSIR MARAH LABID (Kajian terhadap Aspek Maqasid dalam Kitab Tafsir Marah Labid Karya Syekh Nawawi al-Bantani)

FIKRU JAYYID HUSAIN, NIM. 17105031005 (2021) DIMENSI MAQASID DALAM TAFSIR MARAH LABID (Kajian terhadap Aspek Maqasid dalam Kitab Tafsir Marah Labid Karya Syekh Nawawi al-Bantani). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIMENSI MAQASID DALAM TAFSIR MARAH} LABI>D (Kajian terhadap Aspek Maqasid dalam Kitab Tafsir Marah Labid Karya Syekh Nawawi al-Bantani))
17105031005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DIMENSI MAQASID DALAM TAFSIR MARAH} LABI>D (Kajian terhadap Aspek Maqasid dalam Kitab Tafsir Marah Labid Karya Syekh Nawawi al-Bantani))
17105031005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Diskursus tafsir Al-Qur’an di era modern-kontemporer memiliki satu benang merah yang sama, yaitu menghadirkan tujuan atau Maqasid dari suatu ayat. Demikian, maka salah satu karakter penafsiran di era modern tidak hanya berhenti pada makna leksikal teks ayat, melainkan berusaha mencari makna di balik teks ayat, atau yang dinamakan dengan Maqasid. Kaitannya dengan penafsiran di era modern, khususnya dalam konteks Nusantara, telah hadir Syekh Nawawi yang menulis kitab tafsir fenomenalnya, Marah Labid. Kitab tersebut telah banyak dikaji di pesantren-pesantren di seluruh Indonesia. Walaupun kitab tersebut disejajarkan dengan kitab tafsir era pertengahan, ternyata juga memiliki karakteristik penafsiran era modern karena adanya Maqasid ayat yang dihadirkan. Penafsiran Maqasidi tersebut bisa ditemukan walaupun tidak secara jelas menggunakan terma “Maqasid” maupun dervasinya. Dari sini, penulis tertarik untuk mengelaborasi lebih jauh bagaimana aspek Maqasid dihadirkan dalam kitab tafsir Marah Labid. Penelitian ini akan memfokuskan elaborasi pada ayat-ayat Ahkam surah Al-Baqarah. Penafsiran yang memuat aspek Maqasid akan dibandingkan dengan penafsiran di kitab lain yang secara jelas menguak Maqasid ayat sebagai argumen untuk memperkuat posisi penafsiran Maqasid dalam kitab Marah Labid. Selanjutnya, data-data tersebut penulis analisis melalui konsep Daruriyyat al-Khamsah (Lima Keniscayaan) yang merupakan bagian dari teori Maqasid al-Syari’ah. Daruriyyat al-Khamsah adalah keniscayaan yang mesti ada ketika mengimplementasikan syariat. Sesuai urutannya adalah Hifz al-Din (Memelihara Agama), Hifz al-Nafs (Memelihara Jiwa), Hifz al-‘Aql (Memelihara Akal), Hifz al-Nasl (Memelihara Keturunan), dan Hifz al-Mal (Memelihara Harta). Lalu untuk melihat latar belakang penafisran tersebut, penulis menggunakan Analisis Wacana Van Dijk. Dari analisis yang telah dilakukan, penulis mendapati bahwasanya Syekh Nawawi menghadirkan aspek Maqa>s}id dalam menafsirkan ayat-ayat Ah{ka>m surah Al-Baqarah. Kaitannya dengan H}ifz{ al-Di>n, ia cenderung menjelaskan secara rinci bagaimana ibadah bisa mengantarkan kepada Maqa>s{id takwa. H}ifz} al-Nafs, ia memahami ayat kisas dan perang sebagai sarana untuk mencegah pertumpahan darah. Hifz al-’Aql, ia memberi konsepsi terhadap akal sebagai poros kehidupan, sehingga harus dijaga sebaik mungkin. Hifz al-Nasl, ia menjelaskan hikmah-hikmah dalam menjalani rumah tangga yang semuanya berujung pada kesejahteraan keturunan. Dalam Hifz al-Mal, ia menegaskan bahwa ada manfaat dalam pendokumentasian dan penyaksian dalam transaksi utang piutang, yaitu terjaminnya keamanan harta orang yang meminjamkan utang. Adapun latar belakang penafsiran Maqasidi Syekh Nawawi karena ia memilih Mafatih al-Gaib karya Ar-Razi yang merupakan ulama Maqasid al-Qur’an. Hal ini diperkuat dengan dominasi penafsrian Ar-Razi dalam penjelasan Maqasid ayat dalam tafsir Marah Labid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. KH. Abdul Mustaqim, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tafsir Maqasidi, Maqasid al-Syari’ah, Daruriyyat al-Khamsah, Kitab Marah} Labid, Ayat-ayat hukum, Analisis Wacana, Syekh Nawawi al-Bantani
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Sep 2021 11:43
Last Modified: 29 Sep 2021 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44852

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum