PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA

Laela Faiqotul Himmah, NIM.: 16600085 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA)
16600085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA)
16600085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi segitiga yang memenuhi kriteria ketercapaian yaitu validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Model pengembangan menggunakan model prosedural dengan prosedur pengembangan model ADDIE. ADDIE merupakan kependekan dari Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, and Evaluations. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian kualitas LKPD, lembar skala respon peserta didik, dan lembar soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi segitiga memenuhi kriteria ketercapaian yaitu validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD matematika berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik termasuk dalam kriteria sangat baik dengan jumlah skor rata-rata 167,33 dan persentase keidealan 89,01%. Praktis berdasarkan hasil skala respon peserta didik terhadap LKPD matematika berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik diperoleh respon positif dengan jumlah skor rata-tata 63,81 dari skor maksimal 80 dan persentase keidealan 79,76%. Berdasarkan hasil posttest kemampuan pemecahan masalah, LKPD matematika berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi segitiga. Hal ini dilihat dari 90,32% dari banyaknya peserta didik yang mengikuti posttest memperoleh nilai lebih besar dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum Kompetensi Dasar (KKM KD) pada materi segitiga. Oleh karena itu, LKPD matematika SMP/MTs berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi segitiga layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Treffinger, Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 29 Sep 2021 15:30
Last Modified: 29 Sep 2021 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum