IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN LINTAS MINAT KIMIA SMA/MA DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020

Dani Mufid, NIM.: 16670007 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN LINTAS MINAT KIMIA SMA/MA DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN LINTAS MINAT KIMIA SMA/MA DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
16670007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN LINTAS MINAT KIMIA SMA/MA DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
16670007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum 2013 memuat program lintas minat sebagai wadah bagi pesertaa didik dalam mengembangkan potensi dirinya agar dapat berkembang dengan baik. Di Kota Yogyakarta mayoritas SMA/MA telah menerapkan Kurikulum 2013, konsekuensinya adalah seluruh SMA/MA di Kota Yogyakarta semestinya telah menerapkan program lintas minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran lintas minat kimia, mengkaji persepsi guru dan peserta didik tentang pembelajaran lintas minat yang ideal, dan mengkaji kendala dalam pembelajaran lintas minat kimia SMA/MA yang berada di wilayah Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran lintas minat kimia dan peserta didik yang mengambil mata pelajaran lintas minat kimia. Teknik pengumpulan data pelaksanaan pembelajaran lintas minat kimia dan persepsi guru serta peserta didik terhadap pembelajaran lintas minat kimia dikumpulkan melalui angket, sedangkan data kendala dan solusi guru dalam pembelajaran lintas minat kimia dikumpulkan melalui wawancara. Data penelitian yang diperoleh melalui teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran lintas minat kimia pada SMA/MA di Kota Yogyakarta telah berjalan dengan baik. Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran lintas minat kimia sebagian besar menilai telah terlaksana dengan baik, namun untuk penentuan mata pelajaran lintas minat peserta didik seharusnya disesuaikan dengan minat peserta didik. Menurut persepsi guru ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan pembelajaran lintas minat kimia, terlebih dalam hal silabus dan bahan ajar yang harus disesuaikan dengan mata pelajaran lintas minat kimia. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran lintas minat kimia, antara lain motivasi peserta didik yang masih kurang sehingga menyebabkan peserta didik kurang maksimal dalam belajar kimia. Kemudian silabus dan buku pegangan peserta didik yang masih sama dengan peserta didik kelas MIA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, lintas minat, pembelajaran kimia
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 29 Sep 2021 15:42
Last Modified: 29 Sep 2021 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44873

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum