PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) KIMIA PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK SMA/MA

Wa Ode Supiamarsafela, NIM.: 16670010 (2020) PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) KIMIA PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) KIMIA PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK SMA/MA)
16670010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) KIMIA PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK SMA/MA)
16670010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Keterbatasan bahan ajar menjadi salah satu kendala dalam pembinaan OSN di sekolah, khususnya pada bidang termodinamika. Hal tersebut dikarenakan sebagian materi tidak ditemukan pada buku kimia SMA, melainkan terdapat pada buku kimia perguruan tinggi. Kendala lainnya adalah kebanyakan siswa yang mengikuti olimpiade kimia sulit memahami materi termodinamika, karena selain banyak menggunakan perhitungan, sebagian materi tersebut juga bersifat abstrak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Olimpiade Sains Nasional (OSN) kimia materi termodinamika untuk SMA/MA yang dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa yang ingin mengikuti olimpiade kimia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Modul yang dikembangkan, dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan ditinjau oleh tiga peer reviewer. Kualitas modul dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan lima reviewer (guru kimia SMA/MA), serta direspon oleh sepuluh siswa yang mengikuti olimpiade kimia. Penilaian kualitas modul menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan penilaian respon siswa menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas modul oleh ahli materi menunjukkan kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 97%, penilaian kualitas modul oleh ahli media menunjukkan kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 93%, penilaian kualitas modul oleh lima reviewer menunjukkan kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 90%. Adapun hasil respon sepuluh siswa terhadap modul yang dikembangkan, sangat positif dengan persentase keidealan sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Termodinamika.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 01 Oct 2021 10:42
Last Modified: 01 Oct 2021 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44894

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum