KEMAMPUAN GURU RUMPUN PAI DALAM MENYUSUN SOAL (HIGH ORDER THINKING SKILLS) HOTS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SISWA KELAS IX MTs NEGERI 5 SLEMAN

ANGGA EKATAMA, NIM : 16410066 (2020) KEMAMPUAN GURU RUMPUN PAI DALAM MENYUSUN SOAL (HIGH ORDER THINKING SKILLS) HOTS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SISWA KELAS IX MTs NEGERI 5 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN GURU RUMPUN PAI DALAM MENYUSUN SOAL (HIGH ORDER THINKING SKILLS) HOTS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SISWA KELAS IX MTs NEGERI 5 SLEMAN)
16410066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN GURU RUMPUN PAI DALAM MENYUSUN SOAL (HIGH ORDER THINKING SKILLS) HOTS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SISWA KELAS IX MTs NEGERI 5 SLEMAN)
16410066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Angga Ekatama, (16410066), Kemampuan Guru Rumpun PAI Dalam Menyusun Soal (High Order Thinking Skills) HOTS Pada Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Siswa Kelas IX MTs Negeri 5 Sleman. Skripsi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan cara berpikir lebih tinggi dari pada menghafal fakta, atau menerapkan peraturan, rumus, dan prosedur. HOTS mengharuskan melakukan sesuatu berdasarkan fakta. Membuat keterkaitan antar fakta, mengategorikannya, memanipulasinya, dan menempatkannya pada konteks atau cara yang baru, dan mampu menerapkannya untuk mencari solusi baru terhadap sebuah masalah. Untuk itu, guru harus memiliki pengetahuan dan keahlian untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana kemampuan guru rumpun PAI dalam menyusun soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) siswa kelas IX di MTs Negeri 5 Sleman? 2) Bagaimana kesulitan dan hambatan yang dihadapi oleh guru rumpun PAI dalam menyusun soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) siswa kelas IX di MTs Negeri 5 Sleman? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan potret kemampuan Guru Rumpun PAI Dalam Menyusun Soal (High Order Thinking Skills) HOTS, pertama dalam menyusun kisi-kisi soal HOTS kategori KURANG; kemampuan menyusun lembar soal HOTS kategori BAIK; dan kemampuan menyusun kunci jawaban atau pedoman penskoran kategori BAIK. Kendala menyusun kisi-kisi soal HOTS antara lain: 1) sulit menerapkan KKO yang tepat pada indikator; 2) sulit menghubungkan satu konsep ke konsep yang lain; 3) sulit menentukan indikator; 4) membutuhkan kejelihan dan ketelatenan dalam menyusun indikator soal. Kendala menyusun lembar soal HOTS yaitu sulitnya mencari referensi buku, informasi yang stimulus yang menarik dan kontekstual. Kendala dalam menyusun kunci jawaban atau pedoman penskoran yaitu sulitnya mencari pengecoh soal dan sulitnya menentukan skor nilai terhadap jawaban siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Rumpun PAI, Soal (High Order Thinking Skills), Penilaian Akhir Semester
Subjects: Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 04 Oct 2021 12:26
Last Modified: 04 Oct 2021 12:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum