ATLAS KEANEKARAGAMAN BELALANG (Subordo Caelifera) DI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU DAN GUNUNG PANGONAN JAWA TENGAH BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Lili Shafdila Nursin, NIM.: 16680020 (2020) ATLAS KEANEKARAGAMAN BELALANG (Subordo Caelifera) DI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU DAN GUNUNG PANGONAN JAWA TENGAH BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ATLAS KEANEKARAGAMAN BELALANG (Subordo Caelifera) DI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU DAN GUNUNG PANGONAN JAWA TENGAH BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR)
16680020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ATLAS KEANEKARAGAMAN BELALANG (Subordo Caelifera) DI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU DAN GUNUNG PANGONAN JAWA TENGAH BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR)
16680020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman belalang yang ada di Taman Nasional Gunung Merbabu dan Gunung Pangonan, mengembangkan hasil penelitian menjadi atlas berbasis android, dan mengetahui kualitas atlas yang dikembangkan. Metode penelitian yang dilakukan meliputi 2 tahap, yaitu penelitian keanekaragaman belalang di TNGM dan GP Jawa Tengah dengan metode jelajah dan purposive sampling, serta penelitian pengembangan atlas keanekaragaman belalang berbasis android dengan metode uji coba terbatas menggunakan google form. Hasil penelitian belalang pada TNGM dan GP beruturt-turut yaitu keanekaragaman (H’= 2,187 dan H’= 1,089), jumlah individu (N = 92 dan N = 35), dan indeks kemerataan spesies (E = 0,697 dan E = 0,608). Spesies belalang yang ditemukan adalah Phlaeoba fumosa, Phlaeoba infumata, Phlaeoba sp. 1, Phlaeoba sp. 2, Phlaeoba sp. 3, Phlaeoba sp. 4, Phlaeoba sp. 5, Phlaeoba sp. 6, Caryanda spuria, Cercinae sp., Chitaura sp., Oxya sp., Erucius sp. 1, Erucius sp. 2, Atractomorpha crenulata, Atractomorpha sp. 1, Atractomorpha sp. 2, Atractomorpha sp. 3, Atractomorpha sp. 4, Atractomorpha sp. 5, Atractomorpha sp. 6, Atractomorpha sp. 7, Tettigidea lateralis, dan Tettigidea sp. Hasil penilaian kualitas atlas oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru biologi, dan peserta didik untuk atlas dan aplikasi android berturutturut yaitu 78,3% (Baik) dan 71,7% (Baik), 96,25% (Sangat Baik), 91% (Sangat Baik) dan 92% (Sangat Baik), 80% (Baik) dan 80% (Baik), 90% (Sangat Baik) dan 92% (Sangat Baik) sehingga, disimpulkan bahwa atlas keanekaragam belalang berbasis android yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistiyawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Atlas, Sumber Belajar, Belalang, Taman Nasional Gunung Merbabu, Gunung Pangonan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:36
Last Modified: 05 Oct 2021 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum