PENGEMBANGAN ATLAS BULU BABI (Echinoidea) DARI PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

Fadhilatul Ilmi, NIM.: 16680039 (2020) PENGEMBANGAN ATLAS BULU BABI (Echinoidea) DARI PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ATLAS BULU BABI (Echinoidea) DARI PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
16680039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ATLAS BULU BABI (Echinoidea) DARI PANTAI NGUYAHAN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
16680039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui morfologi dan anatomi bulu babi (Echinoidea) yang ada di pantai Nguyahan Gunungkidul kemudian dikembangkan menjadi atlas dalam bentuk buku atlas dan aplikasi serta untuk mengetahui kualitas produk yang telah dikembangkan. Penelitian terdiri dari tiga tahapan yaitu studi morfologi anatomi bulu babi dari panta Nguyahan, tahap pengembangan atlas menggunakan Microsoft Word dan Construct 2 serta tahap pengujian atlas. Dari hasil penelitian bulu babi, yang dapat ditemukan di pantai Nguyahan ada 8 spesies dari 4 jenis ordo. Ciri-ciri dari bulu babi yaitu berbentuk seperti bola dengan dikelilingi duri, adanya lentera aristoteles yang termasuk dalam sistem pencernaan, tube feet untuk berjalan dan membawa makanan serta gonad yang termasuk dalam sistem reproduksi. Hasil akhir pengembangan atlas yaitu buku atlas dan aplikasi yang dapat diakses menggunakan android. Produk yang dikembangkan baik atlas maupun aplikasi dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 2 guru biologi dan 10 siswa kelas X IPA SMA N 1 Widodaren. Secara keseluruhan penilain atlas dan aplikasi temasuk dalam kategori sangat baik dengan rincian; ahli materi; 91,7% dan 90%, ahli media; 79% dan 78,4%, peer reviewer; 90,1% dan 86%, guru biologi; 84,7% dan 84,5%, respon siswa; 85,8% dan 86%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistyawati, S. Pd.I., M. Si
Uncontrolled Keywords: Morfologi, Anatomi, Echinoidea, Atlas, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:40
Last Modified: 05 Oct 2021 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum