UPAYA POLDA DIY DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS DI POLDA DIY TAHUN 2018-2019)

Nur Meidyta Mulyastuti, NIM.: 14340005 (2021) UPAYA POLDA DIY DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS DI POLDA DIY TAHUN 2018-2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA POLDA DIY DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS DI POLDA DIY TAHUN 2018-2019))
14340005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA POLDA DIY DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS DI POLDA DIY TAHUN 2018-2019))
14340005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkara tindak pidana narkotika dianggap sebagai kejahatan yang paling serius dan dapat menjadi alat subversion, namun kondisi di lapangan pemberlakuan kebijakan hukum pidana yang dilakukan oleh anak khususnya narkotika memerlukan banyak pertimbangan. Hal ini berkaitan dengan undang-undang yang mengatur tentang perlindungan anak, kesejahteraan anak serta sistem peradilan anak. Selain itu pelaksanaan kebijakan hukum pidana bagi anak yang melakukan tindak pidana narkotika juga masih mengalami pro dan kontra di masyarakat, meskipun berdasarkan hukum positif Indonesia penegakan hukum pidana di Indonesia adalah hal yang dibenarkan, Sehingga bagaimana proses penegakan hukum pada pelaku tindak pidana narkotika oleh anak tetap perlu mengedepankan upaya penanggulangan dengan segala bentuk pencegaahan untuk menekan tingkat kasus narkotika anak diwilayah hukum Polda D.I.Y. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bentuk upaya beserta faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam hal penanggulangan tindak pidana narkotika oleh anak. Dalam menjawab permasalahan tersebut maka penelitian ini menggunakan cara analisa hukum normatif yang sifatnya deskriptif analitis, dimana analisa hukum normatif ini menggunakan data sekunder sebagai data utama dan juga menggunakan data primer sebagai data pelengkap dan munggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui cara studi pustaka, serta analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif. Dengan begitu dimaksudkan agar dapat memperoleh gambaran secara rinci dan sistematis tentang permasalahan yang diteliti. Beberapa hal utama yang akan diteliti terhadap bentuk upaya penanggulangan tindak pidana narkotika anak oleh Polda D.I.Y diantaranya mulai dari upaya preventif, upaya represif sampai dengan data ungkap kasus dan upaya pembinaan. Serta solusi penyelesaian masalah terhadap segala bentuk faktor penghambat dengan melakukan pendekatan yang bersifat partisipatoris dalam seluruh program dengan melibatkan seluruh pihak yang berkepentingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Drs. H. Ratno Lukito, M.A., DCL
Uncontrolled Keywords: drugs; narkotika anak; Peradilan Pidana Anak
Subjects: PIDANA > Pidana Anak
Psikotropika - Narkotika
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Oct 2021 14:02
Last Modified: 06 Oct 2021 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum