PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG EFEKTIVITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT DAN KLINIK BAGI PASIEN PEMEGANG KARTU BPJS KESEHATAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI PANGKALPINANG, BANGKA BELITUNG

Nurhanny Agusti, NIM 17107020026 (2021) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG EFEKTIVITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT DAN KLINIK BAGI PASIEN PEMEGANG KARTU BPJS KESEHATAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI PANGKALPINANG, BANGKA BELITUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG EFEKTIVITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT DAN KLINIK BAGI PASIEN PEMEGANG KARTU BPJS KESEHATAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI PANGKALPINANG, BANGKA BELITUNG)
17107020026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG EFEKTIVITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT DAN KLINIK BAGI PASIEN PEMEGANG KARTU BPJS KESEHATAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI PANGKALPINANG, BANGKA BELITUNG)
17107020026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pentingnya kesehatan masyarakat, maka penting pula pelayanan kesehatan serta penyelenggara atas jaminan kesehatan tersebut. BPJS Kesehatan ialah penyelenggara jaminan sosial yang mencakup pelayanan kesehatan. Hal ini diatur dalam pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945. Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan. Hal ini tertera dalam dalam pasal 34 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945. Pelayanan kesehatan tersebut dapat berupa Rumah Sakit atau klinik. Namun dinamika masyarakat di era pandemi covid-19 berubah, tidak terkecuali pelayanan Rumah Sakit dan Klinik bagi pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan. Konteks dalam penilitian ini adalah pelayanan Rumah Sakit dan Klinik bagi pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan di era pandemi covid-19. Penelitian ini mencoba melihat persepsi masyarakat tentang efektivitas pelayanan Rumah Sakit dan Klinik bagi pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan di era pandemi covid-19. Penelitian dilakukan di Kota Pangkalpinang. Dalam penelitian ini peneliti mengambil satu Rumah Sakit dan satu Klinik di kota tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fenomenologi Alfred Schultz. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan pelayanan Rumah Sakit dan Klinik bagi pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan di era pandemi. Perbedaan tersebut meliputi adanya penerapan protokol kesehatan, administrasi, lamanya antrean, akses dokter, penberbitan surat rujukan, dan akses obat. Meskipun terdapat perbedaan pelayanan, berdasarkan persepsi masyarakat pelayanan Rumah Sakit dan Klinik bagi pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan tetap dianggap efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan, Efektivitas
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Oct 2021 11:28
Last Modified: 06 Oct 2021 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum