PENGEMBANGAN MODUL BRAILLE PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI BAGI REMAJA TUNANETRA DI MTS LUAR BIASA-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Istiqomah, S.Sos, NIM.: 18200010094 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BRAILLE PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI BAGI REMAJA TUNANETRA DI MTS LUAR BIASA-A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BRAILLE PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI BAGI REMAJA TUNANETRA DI MTS LUAR BIASA-A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
18200010094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BRAILLE PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI BAGI REMAJA TUNANETRA DI MTS LUAR BIASA-A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
18200010094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan modul Braille pendidikan kesehatan reproduksi, mengetahui hasil validasi ahli dan praktisi serta mengetahui kelayakan modul Braille pendidikan kesehatan repoduksi bagi remaja tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode riset dan pengembangan (research and development/ R&D). Penelitian research and development digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektifitas produk tersebut. subjek dalam penelitian ini adalah 1 ahli media, 1 ahli materi, 1 guru bimbingan konseling, 3 siswa tunanetra, 6 peer reviewer. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil presentase tertinggi dengan nilai 98,18% adalah guru bimbingan konseling. Sedangkan hasil terendah diperoleh nilai presentase 88,16% adalah hasil dari peer reviewer. Selanjutnya hasil penilaian presentase dari ahli materi sebesar 95% hasil terbesar kedua setelah nilai guru bimbingan konseling. Penilaian selanjutnya oleh media Braille dengan hasil perolehan presenase sebesar 90% terbesar ketiga setelah hasil presentase dari ahli materi, kemudian hasil penilaian terakhir oleh siswa dengan perolehan presentase sebesar 88,33%. Secara keseluruhan hasil perolehan presentase oleh validator dan siswa memperoleh hasil dengan kategori sangat baik, karena hasil presentase berada dalam penilaian interval yaitu 80% - 100% dengan kategori sangat baik. Jadi, berdasarkan hasil presntase tersebut pengembangan modul Braille pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja tunanetra layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Ro’fah, S. Ag, BSW, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan Reproduksi, Remaja Tunanetra
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
DISABILITAS
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 06 Oct 2021 13:09
Last Modified: 29 Oct 2021 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45036

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum