TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (STUDI DI DESA BLINGOH, KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN JEPARA)

M. Asroruddin, NIM.: 14350074 (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (STUDI DI DESA BLINGOH, KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN JEPARA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (STUDI DI DESA BLINGOH, KECAMATAN DONOROJO,)
14350074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (STUDI DI DESA BLINGOH, KECAMATAN DONOROJO,)
14350074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia. Keluarga merupakan tempat pertumbuhan anak yang pertama, dimana anak mendapat pengaruh dari anggota-anggotanya. Pola pengasuhan anak yang ideal dilakukan oleh kedua orang tuanya. Secara agama dan sosial, ibu dipandang sebagai orang yang berperan penting dalam kehidupan anak, namun pada kenyataannya kondisi ideal tersebut tidak dapat dipenuhi atau dipertahankan ketika ibu bekerja menjadi TKW (tenaga kerja wanita) di luar negeri. Hal ini seperti yang terjadi di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, dimana para wanita di Desa Blingoh pergi bekerja menjadi TKW dengan harapan bisa memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. TKW yang berkeluarga dan mempunyai anak harus meninggalkan kewajibannya dalam mengasuh anak. Anak yang biasanya mendapatkan perhatian dari seorang ibu, kini anak hanya mendapatkan perhatian dari seorang ayah ataupun neneknya saja. Berdasarkan hal tersebut penyusun merasa tertarik untuk meneliti pola asuh anak pada keluarga tenaga kerja wanita di Desa Blingoh dan bagaimana pola asuh tersebut ditinjau dalam maqāṣid asy-syarī’ah. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian yang datanya diambil langsung dari fakta lapangan di Desa Blingoh melalui wawancara. Data primer meliputi observasi dan wawancara pada 6 keluarga di Desa Blingoh yang istrinya bekerja di luar negeri. Data sekunder berupa literatur yang berhubungan dengan materi penelitian. Sifat penelitian ini preskriptif yaitu analisis penelitian yang ditujukan untuk memberikan penilaian mengenai sesuai atau tidak sesuai pola asuh anak tersebut, menurut teori ḥaḍānah dan teori maqāṣid asy-syarī’ah. Pendekatan yang digunakan dalam menganalisis adalah pendekatan normatif. Analisis data menggunakan logika induktif, yaitu proses penalaran yang berangkat dari fakta-fakta lapangan, dan logika deduktif, yaitu penalaran yang menilai kesesuaian pola asuh anak pada keluarga tenaga kerja wanita di Desa Blingoh berdasarkan maqāṣid asy-syarī’ah. Hasil penelitian menujukan bahwa pola asuh anak pada keluarga tenaga kerja wanita di Desa Blingoh bisa dikatakan sudah cukup baik, sesuai dengan prinsip dasar ḥaḍānah yaitu Asah, Asih, dan Asuh yang meliputi aspek agama, pendidikan, jiwa, moral dan sosial sudah terlaksana dengan baik. Adanya dampak yang serius terhadap anak yaitu berperilaku negatif seperti nakal, ingin menang sendiri, suka membantah susah diatur, susah dinasehati dan acuh tak acuh. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua. Pola asuh anak tersebut juga sudah sesuai dengan maqāṣid asy-syarī’ah, yaitu hifẓ al-‘aql, hifẓ an-nasl. Sementara hifẓ ad-dīn, hifẓ an-nafs dan hifẓ al-māl belum sepenuhnya tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Djazimah, S.Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Anak; Maqaṣid Asy-Syari’ah; TKW
Subjects: Hukum Islam > Hak Asuh Anak
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya /PPL
Date Deposited: 14 Oct 2021 15:02
Last Modified: 14 Oct 2021 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum