PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BIOLOGI BERWAWASAN ISLAM DAN SAINS PADA SUB MATERI POKOK KLASIFIKASI HEWAN UNTUK SISWA SMA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Firdha Fitria Ramadhany, NIM.: 16680038 (2021) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BIOLOGI BERWAWASAN ISLAM DAN SAINS PADA SUB MATERI POKOK KLASIFIKASI HEWAN UNTUK SISWA SMA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BIOLOGI BERWAWASAN ISLAM DAN SAINS PADA SUB MATERI POKOK KLASIFIKASI HEWAN UNTUK SISWA SMA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
16680038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BIOLOGI BERWAWASAN ISLAM DAN SAINS PADA SUB MATERI POKOK KLASIFIKASI HEWAN UNTUK SISWA SMA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
16680038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) Mengetahui kualitas game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (3) Mengetahui respon siswa terhadap game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berupa lembar angket ceklist. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Kualitas produk game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta divalidasi oleh 1 Ahli Media, 1 Ahli Materi, 1 Ahli IT, 5 Peer Reviewer, dan 2 guru biologi. Uji terbatas dilakukan untuk mengetahui respon siswa yang dilakukan kepada 11 siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta telah dikembangkan menggunakan model 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (perancangan), dan Development (Pengembangan). Adapun kualitas produk game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains termasuk dalam kategori “Sangat Baik” ditunjukan dengan persentase keidealan sebesar 90% berdasarkan penilaian oleh seluruh reviewer pada semua aspek. Selain itu respon siswa secara keseluruhan termasuk dalam kategori “Sangat Baik” ditunjukan dengan persentase keidealan sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Noviar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, android; media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Oct 2021 14:20
Last Modified: 06 Oct 2021 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum