EVALUASI EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI MTS NEGERI 6 SLEMAN

Dikdik Saepul Malik, NIM.: 17104090036 (2021) EVALUASI EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI MTS NEGERI 6 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI MTS NEGERI 6 SLEMAN)
17104090036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI MTS NEGERI 6 SLEMAN)
17104090036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini beranjak dari Surat Edaran No.4 tahun 2020 oleh Kemendikbud terkait proses pembelajaran yang dialihkan menjadi daring. Sehingga, seluruh kegiatan dalam bidang pendidikan dilaksanakan secara daring. Dalam pelaksanaannya, proses pembelajaran daring baru dilaksanakan ketika pandemi ini semakin meningkat. Kegiatan pembelajaran daring ini perlu ditinjau perihal efektifitasnya. Sehingga, peneliti fokus kepada efektifitas pembelajaran daring yang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring di MTs Negeri 6 Sleman dengan menggunakan evaluasi model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Evaluasi ini meliputi context terkait landasan yang menjadi acuan pembelajaran daring, input berisi tentang persiapan yang dilakukan dalam menghadapi pembelajaran daring, process tentang berlangsungnya proses pembelajaran daring dan product berisi hasil dari proses pembelajaran daring. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling sebagai tennik dalam proses pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dalam proses analisis data, peneliti menggunakan tahap transcript, coding, grouping, comparing and contrasting. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran daring yang dilaksanakan di MTs Negeri 6 Sleman menunjukan hasil yang signifikan. Evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan model evaluasi CIPP ini menunjukan hasil yang efektif. Hal ini dibuktikan dengan landasan yang kuat terkait pembelajaran daring, persiapan matang yang dilakukan oleh sekolah, proses pembelajaran daring yang berjalan baik dan lancar serta nilai tinggi yang didapatkan oleh siswa di sekolah. Dengan hasil ini, proses pembelajaran daring yang dilaksanakan di MTs Negeri 6 Sleman ini berjalan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Edy Yusuf Nur SS, MM., M.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring; silabus
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Oct 2021 15:16
Last Modified: 06 Oct 2021 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum