HUKUM JUAL BELI DENGAN SISTEM TEBASAN MENURUT PANDANGAN TOKOH NU STRUKTURAL DAN TOKOH NU KULTURAL DI DESA SUMUR KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOYOLALI

Umi Kholifah, NIM.: 16360010 (2020) HUKUM JUAL BELI DENGAN SISTEM TEBASAN MENURUT PANDANGAN TOKOH NU STRUKTURAL DAN TOKOH NU KULTURAL DI DESA SUMUR KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUKUM JUAL BELI DENGAN SISTEM TEBASAN MENURUT PANDANGAN TOKOH NU STRUKTURAL DAN TOKOH NU KULTURAL DI DESA SUMUR KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOYOLALI)
16360010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUKUM JUAL BELI DENGAN SISTEM TEBASAN MENURUT PANDANGAN TOKOH NU STRUKTURAL DAN TOKOH NU KULTURAL DI DESA SUMUR KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOYOLALI)
16360010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar barang dengan barang atau uang dengan barang. Jual beli dikatakan sah atau tidak tergantung pada terpenuhinya rukun dan syarat dari jual beli tersebut. Dalam kehidupan bermasyarakat sering kali terdapat jual beli yang dilakukan untuk memperoleh kemudahan tanpa mengetahui apakah jual beli yang dilakukan itu sudah sesuai dengan konsep hukum Islam atau bertentangan. Faktor tersebut dilakukan karena kurangnya pengetahuan masyarakat, seperti masyarakat di Desa Sumur yang melakukan praktik jual beli dengan sistem tebasan. Jual beli dengan sistem tebasan merupakan pembelian hasil tanaman sebelum dipetik. Dalam praktiknya sistem tebasan dilakukan oleh pemborong yaitu dengan cara membeli hasil pertanian sebelum masuk masa panen. Praktik jual beli seperti ini mengandung gharar (الغرر ) atau samar-samar yang mengakibatkan transaksi jual beli menjadi tidak sah. Penyebab tidak sahnya suatu jual beli tersebut dikarenakan tanpa penakaran yang sempurna, dan ketidakjelasan jumlah dari barang yang diperjual-belikan dapat menimbulkan kerugian kepada salah satu pihak yang melakukan akad, baik pihak penjual/petani maupun pembeli/pemborong. Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana praktik jual beli dengan sistem tebasan yang dilakukan di Desa Sumur dan juga menjawab bagaimana pandangan tokoh tokoh NU struktural dan NU kultural mengenai jual beli dengan sistem tebasan, kemudian dibandingkan di mana letak persamaan dan perbedaan antara keduannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penyusun melakukan penelitian di Desa Sumur Kecamatan Tamansari Kabupaten Boyolali. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normativ dan sosiologis dan menganalisa permasalahan ini dengan metode deskriptif komparasi dengan cara berpikir induktif komparatif. Hasil analisis dari skripsi ini adalah bahwa jual beli dengan sistem tebasan yang terjadi di Desa Sumur masih mengandung unsur ijon di dalamnya, pasalnya buah yang dijual masih muda dan sudah dibayarkan di awal sehingga terdapat masa tunggu (ngimbu duit) yang akan berpotensi menjadikan suatu jual beli tersebut menjadi fasid. Tokoh NU Struktural membolehkan jual beli dengan sistem tebasan namun harus memenuhi rukun dan syarat yang telah diatur dalam hukum Islam secara sempurna. Jika terdapat syarat-syarat yang belum terpenuhi, maka jual beli tersebut batal atau tidak sah. Pendapat Tokoh NU Kultural membolehkan jual beli tebasan secara keseluruhan, yang penting di dalam jual beli ini adalah kesepakatan yang terjadi di antara kedua belah pihak yang mana penjual di sini adalah petani mendapatkan uang disaat petani tersebut membutuhkan uang tanpa harus meminjam dari orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Vita Fitria, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: sistem tebasan ijon; petani; penjual
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Oct 2021 10:13
Last Modified: 07 Oct 2021 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum