PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI TERMOKIMIA SMA/MA KELAS XI

Dwi Wida Novatania, NIM.: 17106070034 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI TERMOKIMIA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI TERMOKIMIA SMA/MA KELAS XI)
17106070034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI TERMOKIMIA SMA/MA KELAS XI)
17106070034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan suatu kemampuan yang dapat mendorong manusia untuk berpikir kritis, kreatif, dan menyelesaikan masalah secara ilmiah karena dekat kaitanya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi termokimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari enam tahapan, diantaranya penelitian dan pengumpulan data atau informasi, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji coba lapangan tahap awal, merevisi produk, uji coba lapang utama. Produk ditinjau oleh empat peer reviewer, divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan enam reviewer (guru kimia SMA/MA) dengan menggunakan angket Likert skala lima, serta diujicobakan ke 55 peserta didik SMA/MA jurusan MIPA yang telah mendapatkan materi termokimia di sekolah. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 92,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapat persentase sebesar 92,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian kualitas oleh reviewer (guru kimia SMA/MA) mendapat persentase sebesar 94,89% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil uji coba peserta didik diolah datanya untuk diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 24. Hasil analisi data menunjukkan bahwa dari 20 soal pilihan ganda yang dikembangkan 9 soal dinyatakan valid, dan reliabilitas soal berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: sains; guru kimia; reaksi karbon
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Oct 2021 14:07
Last Modified: 07 Oct 2021 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum