Al-washlu fi suroti luqman wa thoriqoti ta’limihi litalamidzi al-madaris al-tsanawiyyah al-islamiyyah bi Indonesia (dirosah an tathwiri ta’limi ilmi al-ma’ani li al-nathiqin bighairi al-arobiah)

Muh. Hotibul Umam, NIM.: 18204020043 (2021) Al-washlu fi suroti luqman wa thoriqoti ta’limihi litalamidzi al-madaris al-tsanawiyyah al-islamiyyah bi Indonesia (dirosah an tathwiri ta’limi ilmi al-ma’ani li al-nathiqin bighairi al-arobiah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Al-washlu fi suroti luqman wa thoriqoti ta'limihi litalamidzi al­madaris al-tsanawiyyah al-is)amiyyah bi Indonesia (dirosah an tathwiri ta'limi ilmi al-ma'ani Ii al-nathiqin bighairi al-arobiah)")
18204020043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Al-washlu fi suroti luqman wa thoriqoti ta'limihi litalamidzi al­madaris al-tsanawiyyah al-is)amiyyah bi Indonesia (dirosah an tathwiri ta'limi ilmi al-ma'ani Ii al-nathiqin bighairi al-arobiah)")
18204020043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diidentifikasi pada (1) permasalahan -permasalahan washol dalam Surat Luqman, (2) Rancangan Pembelajaran Al- Washl di Sekolah MA di Indonesia, (3) Dasar Metode Washl dalam Surat Luqman untuk Siswa di Sekolah MA di Indonesia, (4) Menentukan metode pengajaran Al Washl kepada siswa non- Arab di sekolah MA di Indonesia. Penelitian ini berupa kualitatif yang berbasis penelitian pustaka, dimana peneliti mengumpulkan berbagai data dari buku-buku dan menganalisanya sesuai dengan metode analisis isi dengan menggunakan pendekatakan analitik istimbat, dan analisis istiqro’, kemudian melangkah kepengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ayat Surat Luqman 34, dan ayat yang terkait dengan washol 20, yaitu ayat 4, 5, 6, 8, 12, 14, 15, 17, 18, 19, 20. 22- 23, 25, 26, 27, 28., 29, 30, 33. (2) Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia adalah untuk mempelajari hukum Islam dari Alquran, hadits dan kitab-kitab Kuning. Tata bahasa yang diajarkan di sekolah hanya mencakup kaidah yang berhubungan dengan penerapan atau bentuk fungsional. Metode yang digunakan untuk mengajar bahasa Arab (tata bahasa) tidak ditentukan. (3) Dasar metode washl dalam Surat Luqman adalah metode yang menitikberatkan pada contoh dan analisisnya. (4) Metode untuk tingkat MA dalam mengajarkan washol adalah metode qiyasiyyah, dan materi washol di tingkatan ini lebih fokus pada ittihad, tadhod, tadhoyup, tamatsul, khoyaly, syibhu al-tadhod, syibhu al-tamatsul, dan ini semua berkenaan dengan macam-macam al-illah al-jamiah. Dan adapun pembahasan wajibnya washol difokuskan pada washol katika jumlah khobariyah atau insya’iyah yang mempunyai kedudukan i’rab dan berupaya untuk memberikan hukum i’rab tersebut pada jumlah yang kedua, kemudian pada washol ketika jumlah khobariyah atau insya’iyah tidak mempunyai kedukan i’rab dan berupaya untuk memberikan hukum pada jumlah yang kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Tulus Musthofa, Lc.,MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al- Washl; Surat Luqman; metode qiyasiyyah; bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Oct 2021 14:53
Last Modified: 07 Oct 2021 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum