STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @YUKNGAJIJOGJA DALAM REAKTUALISASI NILAI HIJRAH

Marhanita Na’imatul Usriyah, NIM.: 15210005 (2021) STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @YUKNGAJIJOGJA DALAM REAKTUALISASI NILAI HIJRAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @YUKNGAJIJOGJA DALAM REAKTUALISASI NILAI HIJRAH)
15210005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @YUKNGAJIJOGJA DALAM REAKTUALISASI NILAI HIJRAH)
15210005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hijrah menjadi sebuah fenomena sosial baru di Indonesia, dilihat dari pemaknaan dan implementasi yang mengalami perkembangan seiring perubahan zaman. Hal ini melahirkan gerakan hijrah yang masif dan terwujud dalam berbagai bentuk, salah satunya dalam lingkup komunitas. Kehidupan masyarakat modern yang senantiasa berdampingan dengan teknologi juga berpengaruh terhadap dinamika komunitas hijrah ini. Media sosial menjadi pilihan utama untuk menunjukkan eksistensi dan menjangkau lebih banyak relasi, sehingga memicu terjadinya perubahan dalam aktivitas dakwah dan penyebaran gerakan hijrah seperti yang dilakukan pada akun instagram @yukngajijogja. Strategi dalam menggaungkan kembali dan menginternalisasikan spirit hijrah dalam segala lini kehidupan menjadi isu menarik untuk ditelaah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah Lima Tahapan Strategi Komunikasi oleh Anwar Arifin yang dikombinasikan dengan beberapa tinjauan mengenai hijrah dan reaktualisasi dalam pandangan Islam. Data didapatkan melalui wawancara kepada Ketua Umum dan Koordinator Divisi Media Komunitas Yuk Ngaji Jogja, dokumentasi beberapa konten yang diunggah pada Akun Instagram @yukngajijogja serta berbagai literatur yang berkaitan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten yang diunggah pada akun instagram @yukngajijogja yang notabene adalah komunitas hijrah, memuat unsur reaktualisasi terhadap konsep hijrah itu sendiri. Bentuk reaktualisasi atau pembaruan yang dilakukan terdapat pada strategi penentuan tujuan yang merupakan dasar dari perumusan konten, segmentasi khalayak sebagai penerima pesan, penyusunan substansi dan pengemasan pesan sekaligus metode penyampaiannya, pemilihan media dan fitur yang digunakan, serta keterlibatan komunikator dalam menjalin interaksi serta memengaruhi komunikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Evi Septiani T H, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Reaktualisasi, Hijrah, Instagram
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 08 Oct 2021 09:53
Last Modified: 08 Oct 2021 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum