KETERGANTUNGAN EKONOMI PENDERES NIRA KELAPA TERHADAP TENGKULAK DALAM PRAKTEK IJON DI DESA HARGOMULYO KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO

Masrudin, NIM.: 15230073 (2021) KETERGANTUNGAN EKONOMI PENDERES NIRA KELAPA TERHADAP TENGKULAK DALAM PRAKTEK IJON DI DESA HARGOMULYO KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERGANTUNGAN EKONOMI PENDERES NIRA KELAPA TERHADAP TENGKULAK DALAM PRAKTEK IJON DI DESA HARGOMULYO KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO)
15230073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KETERGANTUNGAN EKONOMI PENDERES NIRA KELAPA TERHADAP TENGKULAK DALAM PRAKTEK IJON DI DESA HARGOMULYO KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO)
15230073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang Ketergantungan Ekonomi Penderes Nira Kelapa Terhadap Tengkulak Di Desa Hargomulyo Kapanewon Kokap Kabupaten Kulon Progo serta jaringan Sosial dalam praktek ijon yang membentuk permainan jual beli gula jawa di Desa Hargomulyo. Jenis penelitian yang digunakan yakni deskritif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan beberapa tahapan yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yakni bahwa ketergantungan ekonomi para penderes nira kelapa di Desa Hargomulyo disebabkan oleh adanya tiga faktor yaitu sebagai berikut (1) nilai tukar gula jawa terus menurun. Hal ini dikarenakan adanya faktor cuaca yang tidak mendukung dan penentuan harga gula jawa secara sepihak yang dilakukan oleh tengkulak. Selain itu, adanya permasalahan keterbatasan terhadap akses pasar yang dialami penderes nira kelapa membuat mereka terpaksa menjual gula jawanya kepada tengkulak. (2) usaha jual beli gula jawa sebagai sektor ekonomi para peneres nira kelapa, dikuasai oleh modal asing. Modal asing tersebut berupa tengkulak besar yang bukan merupakan penduduk Desa Hargomulyo. Dengan modal besar yang dimiliki, para tengkulak besar menciptakan sebuah permainan jual beli gula jawa untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. (3) adanya pinjaman yang semakin penting bagi para penderes. Pentingnya pinjaman tersebut merupakan sebuah akibat dari adanya permainan jual beli yang diciptakan dalam praktek ijon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Aminah S. Sos. M.Si
Uncontrolled Keywords: Ketergantungan Ekonomi, Jaringan Sosial dan Praktek Ijon
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 08 Oct 2021 10:07
Last Modified: 08 Oct 2021 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum