RENDAMAN DAUN KOPI ROBUSTA(Coffea canephora Pierre ex Froehner) SEBAGAI ALTERNATIF MOLUSKASIDA KEONG MAS (Pomaceae canaliculata Lamarck, 1819.)

Siti Khanifah, NIM. 16640054 (2021) RENDAMAN DAUN KOPI ROBUSTA(Coffea canephora Pierre ex Froehner) SEBAGAI ALTERNATIF MOLUSKASIDA KEONG MAS (Pomaceae canaliculata Lamarck, 1819.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RENDAMAN DAUN KOPI ROBUSTA(Coffea canephora Pierre ex Froehner) SEBAGAI ALTERNATIF MOLUSKASIDA KEONG MAS (Pomaceae canaliculata Lamarck, 1819.))
16640054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RENDAMAN DAUN KOPI ROBUSTA(Coffea canephora Pierre ex Froehner) SEBAGAI ALTERNATIF MOLUSKASIDA KEONG MAS (Pomaceae canaliculata Lamarck, 1819.))
16640054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (754kB)

Abstract

Keong emas (Pomaceae canaliculata L) merupakan hama yang menyebabkan keruskan pada tanaman padi. Upaya pengendalian yang dapat dilakukan dalam menangani hama tersebut salah satunnya adalah dengan pengendalian alami dengan menggunkan rendaman daun kopi robusta (Coffea canephora). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui konsentrasi yang efektif dalam mengangani hama keong mas (Pomaceae caniculata L) serta mengetahui jumlah senyawa moluskasida dalam daun kopi robusta (Coffea canephora). Penelitian ini dilakukan dengan uji pendahuluan dan uji sesungguhnya dan menggunkan berbagai variasi konsentrasi yaitu kontrol positif berupa niklosamid 10 gram/Liter , kontrol negatif, konsentrasi rendaman daun kopi mulai dari 20%, 40% dan 60% dengan masing-masing 3 kali ulangan. Hasil uji dilakukan dengan uji non parametik Krustal Wallis dan Mann Whitey. Hasil uji menunjukan bahwa konsentrasi yang efektif yaitu pada konsentrasi 60% yang terbukti dengan p value > 0,05 atau tidak berbeda nyata dengan kontrol positif. Kandungan senyawa yang berperan sebagai moluskasida alami yakni saponin 5,93% , tanin 4,92% dan flvonoid 2,16%. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa daun kopi robusta(Coffea canephora) dengan konsentrasi 60% dengan perlakuan selama 12 jam berpengaruh nyata terhadap mortalitas keong mas(Pomaceae caniculata L).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Najda Rifqiyati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Daun kopi robusta (Coffea canephora), Keong mas (Pomaceae caniculata. L), moluskasida alami
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Oct 2021 12:39
Last Modified: 08 Oct 2021 12:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum