HUBUNGAN ANTARA MENONTON FILM “AJARI AKU ISLAM” DENGAN PERSEPSI TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN SUNNI DARUSSALAM YOGYAKARTA

Fenny Kurniasih, NIM.: 16210002 (2021) HUBUNGAN ANTARA MENONTON FILM “AJARI AKU ISLAM” DENGAN PERSEPSI TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN SUNNI DARUSSALAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MENONTON FILM “AJARI AKU ISLAM” DENGAN PERSEPSI TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN SUNNI DARUSSALAM YOGYAKARTA)
16210002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MENONTON FILM “AJARI AKU ISLAM” DENGAN PERSEPSI TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN SUNNI DARUSSALAM YOGYAKARTA)
16210002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Film merupakan media komunikasi massa yang ampuh dalam menyampaikan pesan, ide, atau gagasan tertentu. Penonton lebih mudah menyerap pesan yang disampaikan melalui film dibandingkan dengan media massa lainnya. Karena penonton dapat melihat langsung gambar-gambar dan mendengar dialog pada film itu, serta efek dukungan yang lainnya. Dalam penelitian ini film dihubungkan dengan toleransi beragama pada Santri Pondok Pesantren Sunni Darussalam Yogyakarta. Salah satu film yang mengandung pesan tentang sikap toleransi beragama yaitu film Ajari Aku Islam. Film ini bertujuan untuk mengetahui hubungan menonton film Ajari Aku Islam dengan persepsi tentang toleransi beragama Santri Pondok Pesantren Sunni Darussalam Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model jarum hipodermik dengan teori tambahan yaitu teori intensitas menonton dan tinjauan tentang persepsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey (research survey) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Jumlah populasinya adalah 110 orang Santri Pondok Pesantren Sunni Darussalam Yogyakarta dan sampelnya 38 orang diambil dengan menggunakan teknik Sampling purposive. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dengan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas split half dengan teknik Alpha Cronbach. Uji validitas dan reliabilitas dihitung dengan bantuan IBM SPSS Statistics.20. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang menunjukkan hasil rho sebesar 0,990 dan nilai koefisien korelasi 0,410. maka dapat disimpulkan bahwa hubungan yang terjadi antara menonton film Ajari Aku Islam dengan persepsi toleransi beragama santri Pondok Pesantren Sunni Darussalam Yogyakarta sangat erat hubungannya. Ini artinya variabel menonton film Ajari Aku Islam ada hubungannya dengan persepsi tentang toleransi beragama santri Pondok Pesantren Sunni Darussalam Yogyakarta. Dari hasil hubungan yang didapatkan tersebut maka kesimpulannya hipotesis kerja (Hₐ) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozak, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menonton Film, Persepsi, Dan Teori Jarum Hipodermik
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 13 Oct 2021 10:01
Last Modified: 13 Oct 2021 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45184

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum