KUASA PENGETAHUAN HMI : ISLAM PROGRESSIF ALA INDONESIA (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Yogyakarta)

Ahmad Iksan Sa’roni, NIM. 15540056 (2021) KUASA PENGETAHUAN HMI : ISLAM PROGRESSIF ALA INDONESIA (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KUASA PENGETAHUAN HMI : ISLAM PROGRESSIF ALA INDONESIA (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Yogyakarta))
15540056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KUASA PENGETAHUAN HMI : ISLAM PROGRESSIF ALA INDONESIA (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Yogyakarta))
15540056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ideologi yang secara kasar dapat disimpulkan sebagai seperangkat nilai dan aturan atau hukum yang dipercayai dapat membantu manusia menjalani hidupnya. Ideologi juga berlaku dalam Himpunan Mahasiswa Islam. HMI merupakan organisasi mahasiswa Islam tertua di Indonesia Yang didirikan pada tahun 1947 oleh Lafran Pane. Layaknya sebagai sebuah organisasi, HMI memiliki ideologi yang dijadikan landasan untuk berjuang anggotanya, yakni “Nilai-Nilai Dasar Perjuangan (NDP)”. Nilai-nilai yang terkandung didalamnya bersumber langsung dari Al-Qur’an dan Hadist. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melakukan wawancara dan dokumentasi, Karena untuk melihat proses transformasi dan implementasi dari NDP HMI terhadap kader dan kebijakan HMI Cabang Yogyakarta. dalam penelitian ini penulis menggunakan teori rezim pengetahuan dan metode pendisiplinan diri Michel Fouchault. Hasil penelitian ini menemukan bahwa transformasi NDP ke dalam diri kader HMI Cabang Yogyakarta terdapat dua pola perkaderan, yakni perkaderan formal dan perkaderan informal. Perkaderan formal yakni jenjang training yang dimulai dari Latihan Kader I, Latihan Kader II, dan Latihan Kader III. Kemudian dalam perkaderan informal, HMI Cabang Yogyakarta memiliki pusat studi yang membahas khusus mengenai NDP yaitu Pusat Studi Keraton Institute. Implementasi dari NDP HMI terbukti dalam sikap dan kebijakan HMI Cabang Yogyakarta. Dalam menanggapi berbagai isu yang ada setiap kepengurusan berbeda cara pembacaannya. Ada yang terfokus pada isu-isu kemanusia seperti bencana alam. Ada juga yang tertarik dengan menanggapi kebijakan pemerintah yang tidak pro terhadap rakyat, sehingga HMI Cabang Yogyakarta membuat kebijakan dan melakukan aksi damai di jalan untuk menyampaikan aspirasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, SS, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Ideologi, HMI, Nilai-Nilai Dasar Perjuangan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Oct 2021 10:49
Last Modified: 10 Oct 2021 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum