PONDOK PESANTREN KALIOPAK DI KLENGGOTAN, SRIMULYO, BANTUL, YOGYAKARTA (STUDI TENTANG KONTRIBUSI KEAGAMAAN DAN BUDAYA TAHUN 2010- 2019 M)

Ida Nur Faizah, NIM.: 15120075 (2021) PONDOK PESANTREN KALIOPAK DI KLENGGOTAN, SRIMULYO, BANTUL, YOGYAKARTA (STUDI TENTANG KONTRIBUSI KEAGAMAAN DAN BUDAYA TAHUN 2010- 2019 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PONDOK PESANTREN KALIOPAK DI KLENGGOTAN, SRIMULYO, BANTUL, YOGYAKARTA (STUDI TENTANG KONTRIBUSI KEAGAMAAN DAN BUDAYA TAHUN 2010- 2019 M))
15110089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PONDOK PESANTREN KALIOPAK DI KLENGGOTAN, SRIMULYO, BANTUL, YOGYAKARTA (STUDI TENTANG KONTRIBUSI KEAGAMAAN DAN BUDAYA TAHUN 2010- 2019 M))
15110089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini membahas tentang Pondok Pesantren Kaliopak yang berada di Klenggotan, Srimulyo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pondok Pesantren Kaliopak dirintis oleh Kiai Jadul Maula bersama dengan Hasan Basri dan santri- santrinya pada tahun 2010. Pesantren Kaliopak merupakan pesantren yang berbasis budaya yang menyelenggarakan berbagai kegiatan kebudayaan. Kegiatan budaya yang dilakukan pesantren merupakan usahanya dalam melestarikan (nguri-uri), mewadahi dan mengembangkan budaya. Selain itu, sejak Sunan Kalijaga kesenian diyakini dapat menjadi alternatif dalam mendakwahkan ajaran agama Islam. Dalam hal ini pesantren berupaya melanjutkan Sunan Kalijaga dan para pendahulu dalam mendakwahkan ajaran Islam melalui seni. Melalui kegiatannya, seperti Sholawat Emprak, Hadrah, ngaji Dewaruci dan lain sebagainya, menjadi kontribusi Pesantren Kaliopak dalam menjembatani antara budaya dan masyarakat luas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Pondok Pesantren Kaliopak mulai dari latar belakang berdirinya sampai dengan kontribusinya. Berdasarkan pokok permasalahan tersebut, penulis membahas dalam tiga rumusan masalah yaitu Bagaimanakah Latar Belakang didirikannya Pondok Pesantren Kaliopak, Apa saja kegiatan Santri di Pondok Pesantren Kaliopak, Apa kontribusi Pondok Pesantren Kaliopak terhadap masyarakat Klenggotan. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi dengan teori peran yang diungkapkan oleh Peter Burke dalam menganalisis dan mempelajari sejarah dan kontribusi Pondok Pesantren Kaliopak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, dengan melalui tahapan penelitian yaitu : heuristik (observasi, wawancara, dokumentasi), verifikasi, interpretasi dan historiografi. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pesantren Kaliopak resmi didirikan pada tahun 2010 yang berawal dari Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKiS) di Klenggotan. Pesantren Kaliopak merupakan pesantren yang berbasis budaya, yang di dalamnya pesantren menyelenggarakan berbagai kegiatan kebudayaan. Mulai dari Sholawat Emprak, Hadrah, ngaji Dewaruci, Event- event Pesantren dan lain sebagainya. Dengan berbagai kegiatan budaya yang dilakukan, pesantren berkontribusi penting baik dalam bidang keagamaan hingga sosial- budaya bagi masyarakat Klenggotan dan masyarakat pada umumnya yang mengikuti kegiatan pesantren. Dalam bidang keagamaan, pesantren berkontribusi dalam menanamkan nilai- nilai Islam pada setiap kegiatan yang dilakukan. Pada bidang sosial- budaya, pesantren berkontribusi dalam melestarikan (nguri-uri), mewadahi dan mengembangkan budaya yang berasal dari masyarakat Klenggotan dan Nusantara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Soraya Adnani, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Perkembangan, Kontribusi, Pondok Pesantren Kaliopak
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Budaya dan Agama
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2021 13:47
Last Modified: 11 Oct 2021 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum