TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH (STUDI KASUS DESA PANGGTONGGAL, KECAMATAN PROPPO, KABUPATEN PAMEKASAN, PROVINSI JAWA TIMUR)

Sitti Maimuna, NIM.: 17103080050 (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH (STUDI KASUS DESA PANGGTONGGAL, KECAMATAN PROPPO, KABUPATEN PAMEKASAN, PROVINSI JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH (STUDI KASUS DESA PANGGTONGGAL, KECAMATAN PROPPO, KABUPATEN PAMEKASAN, PROVINSI JAWA TIMUR))
17103080050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH (STUDI KASUS DESA PANGGTONGGAL, KECAMATAN PROPPO, KABUPATEN PAMEKASAN, PROVINSI JAWA TIMUR))
17103080050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktik pendistribusian zakat fitrah di Desa Panggtonggal dilaksanakan 7 hari sebelum lebaran yang diberikan langsung kepada mustahiq yang dituju, mayoritas masyarakat Pangtonggal memberikan zakt fitrahnya kepada para tokoh agama, santri dan salah satu anggota keluarganya (kerabatnya). Secara hukum Islam seseorang yang berhak menerima zakat terdapat delapan golongan sebagiman firman Allah dalam Surat at-Taubah ayat 60, yakni harus diberikan kepada akir, orang miskin, ‘amil zakat, mualaf, riqāb (untuk memerdekakan budak), orang yang berhutang (garīm), fī sabiīlillāh dan orang musafir. Salah satu foktor yang menyebabkan masyarakat Pangtonggal melaksanakan pendistribusian zakat fitrah yang demikian adalah karena adat kebiasaan (‘urf) yang tetap berlaku di tengah-tengah masyarakat Pangtonngal hingga saat ini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Pangtonggal dengan menggunakan pendekatan normatif sosiologis guna dapat menilai seperti apa praktek pendistribusian zakat fitrah di Desa Pangtonggal dan apakah praktek pendistribusian tersebut sudah sesuai dengan hukum Islam atau tidak. Oleh karena itu, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dengan para muzakki dan mustahiq zakat fitrah dan dokumentasi, yang dianalisis secara kualitatif serta bersifat deskriptif-analitik. Berdasarkan metode penelitian yang digunakan, dapat diketahui bahwa parktik pendistribusian zakat fitrah di Desa Pangtonggal dilakukan dengan cara diberikan langsung kepada mustahiq yang dikehendaki yakni para tokoh agama (kiai atau ustadz) baik diberikan kepada tokoh agama yang berdomisili di dalam Desa Pangtonggal atau di luar Desa Pangtonggal, para santri atau salah satu anggota kerabatnya. Yang dilakukan 7 hari sebelum hari raya idul fitri, hal tersebut telah menjadi adat kebiasaan yang masih tetap berlaku hingga saat ini. Praktik pendistribusian zakat fitrah di Desa Pangtonggal secara hukum Islam dapat dibenarkan, karena tokoh agama dan santri dapat dikategorikan sebagai golongan sabilillah, sedangkan memberikan zakat fitrah kepada kerabat secara hukum Islam diperbolehkan, dengan catatan kerabat tersebut tergolong orang yang berhak menerima zakat. Namun, ada sebagian pemberian zakat yang kurang tepat, di antaranya adalah zakat fitrah yang diberikan kepada masyarakat luar daerah sedangkan di daerahnya masih ada orang-orang yang tidak mampu dan tidak menerima zakat, zakat fitrah yang diberikan kepada kerabat karena secara derajat kekeluargaan tergolong orang yang wajib dinafkahi, serta zakat fitrah yang diberikan kepada para kiai yang tergolong orang-orang mampu juga kurang benar, karena zakat fitrah lebih utama diberikan kepada fakir miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing.: Saifuddin. S.Hi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; pendistribuan zakat; adat istiadat; Islamic law, urf
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 29 Nov 2021 14:55
Last Modified: 29 Nov 2021 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum