CIQAL (CENTER FOR IMPROVING QUALIFIED ACTIVITY IN LIFE OF PEOPLE WITH DISABILITIES) DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI DIFFABLE DIYOGYAKARTA

Muraji, NIM. 99232682 (2004) CIQAL (CENTER FOR IMPROVING QUALIFIED ACTIVITY IN LIFE OF PEOPLE WITH DISABILITIES) DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI DIFFABLE DIYOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CIQAL (CENTER FOR IMPROVING QUALIFIED ACTIVITY IN LIFE OF PEOPLE WITH DISABILITIES) DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI DIFFABLE DIYOGYAKARTA)
99232682_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (CIQAL (CENTER FOR IMPROVING QUALIFIED ACTIVITY IN LIFE OF PEOPLE WITH DISABILITIES) DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI DIFFABLE DIYOGYAKARTA)
99232682_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sampai saat sekarang ini masih ada anggota keluarga diffable, masyarakat, pemerintah dan instansi-instansi lain, yang memberikan stigma negatif kepada para diffable, seperti penilaian bahwa diffable (penyandang cacat) tidak produktif dan tidak mempunyai skill yang layak jual. Sikap tersebut justru menempatkan rnereka pada posisi yang diskriminatif dan tidak memberikan keadilan. Sehingga aksesibilitas diffable juga sulit untuk didapatkan demi kelancaran mereka dalam melakukan berbagai aktivitas. Dari beberapa persoalan diffable seperti ini, maka dibutuhkan kesadaran bersama baik dari keluarga diffable itu sendiri, masyarakat maupun pemerintah untuk menerima mereka di tengah-tengah kehidupan kita bersama. Untuk itu perlu adanya pemberdayaan bagi mereka yang sebenamya telah lama didambakannya. Pemberdayaan di sini dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memberikan kemampuan kepada para diffable agar dapat berusaha, bertindak dan berbuat demi mempertahankan hak-haknya yang harus diperoleh secara adil sesuai dengan fitrah manusia, sehingga dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan kebutuhan hidup yang tuj uan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian para diffable. Pemberdayaan ekonorni yang dilakukan oleh CIQAL terhadap para diffable dengan menggunakan beberapa langkah yaitu; advokasi, peningkatan sumberdaya diffable, pemagangan, mitra usaha, dan pembentukan koperasi. Kelima langkah pemberdayaan ekonomi diffable yang dilaknkan oleh CIQAL ini merupakan langkah yang cukup baik, karena langkah yang diterapkan oleh CIQAL adalah satu-kesatuan yang integral untuk merubah kehidupan diffable ke arah yang lebih baik. Advokasi sebagai langkah awal dalam pemberdayaan ekonomi diffable. Langkah ini dimaksudkan untuk melakukan pendampingan pembelaan dan perlidungan terhadap hak-hak diffable, dengan memberikan arahan kepada rnereka untuk menemukan jati dirinya. Dengan menemukanjati dirinya, mereka akan turnbuh rasa percaya diri untuk menentukan arah hidup mereka, tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Setelah para diffable didampingi, dibela dan dilindungi hak-haknya, maka CIQAL memberikan pengetahuan untuk meningkatkan potensi yang mereka miliki melalui pelatihan karajinan Smocks, dan untuk menjalankan usaha para diffable dibekali dengan wawasan kewirausahaan, agar ketrampilan yang diperoleh dapat diwujudkan dalam sebuah usaha sehingga akan mendapatkan income untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Selain itu, pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas penyandang cacat, sehingga kualitas produk mereka dapat diterima oleh pasar dan dengan kual itas sumber daya manusia yang lebih baik, maka kuota untuk dapat diterima di pasar tenaga kerja semakin terbuka lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Fajrul Munawir, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Memberdayakan Ekonomi, Diffable, D.I Yogyakarta
Subjects: DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Oct 2021 13:42
Last Modified: 12 Oct 2021 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum