PESAN DAMAI PADA FOTOGRAFI JURNALISTIK (STUDI MEDIA DARING REPUBLIKA.ID MENGENAI PERISTIWA REUNI 212 ke 3 )

Ahmad Fajril Haq, NIM.: 16210052 (2021) PESAN DAMAI PADA FOTOGRAFI JURNALISTIK (STUDI MEDIA DARING REPUBLIKA.ID MENGENAI PERISTIWA REUNI 212 ke 3 ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN DAMAI PADA FOTOGRAFI JURNALISTIK (STUDI MEDIA DARING REPUBLIKA.ID MENGENAI PERISTIWA REUNI 212 ke 3 ))
16210052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PESAN DAMAI PADA FOTOGRAFI JURNALISTIK (STUDI MEDIA DARING REPUBLIKA.ID MENGENAI PERISTIWA REUNI 212 ke 3 ))
16210052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Aksi reuni 212 ke 3 tahun 2019 banyak menarik perhatian dari segala penjuru, termasuk media-media besar di indonesia. Salah satunya Republika.id yang ikut mempublikasikan melalui media fotografi jurnalistik. Fotografi jurnalistik adalah media penyampai berita yang sangat penting saat ini. Termasuk dalam penyampaian pesan-pesan perdamaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan damai yang terkandung dalam fotografi jurnalistik yang di publikasikan oleh republika.id tentang aksi reuni 212 ke 3 yang diadakan pada tahun 2019 di Jakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika menurut roland bartnes yang dikenal dengan Denotasi atau makna sebenarnya dan konotasi atau pesan dibaliknya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori pesan damai dalam islam oleh Nur Hidayat dalam jurnal berjudul Nilai-nilai ajaran islam tentang perdamaian (kajian antara teori dan praktek) dan menjadi teori utama dalam membedah masalah. Adapun nilai-nilai tersebut yaitu larangan melakukan kedzhaliman, adanya persamaan derajat, menjunjung tinggi keadilan, memberikan kebebasan, menyeru hidup rukun dan saling tolong menolong, menganjurkan toleransi, dan meningkatkan solidaritas sosial. Setelah peneliti melakukan analisis dengan membedah 8 foto dan dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini yang menunjukkan adanya pesan damai dalam setiap foto. Tanda yang muncul pada setiap foto dan peneliti mengklasifikasikan hasil analisis setiap foto. Maka, dapat disimpulkan bahwa setiap foto yang diteliti, memiliki nilai-nilai pesan damai lebih dari satu disetiap fotonya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hamdan Daulay MA., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pesan Damai, Fotografi, Jurnalistik, Republika.id
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 13 Oct 2021 09:58
Last Modified: 13 Oct 2021 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum