PERAN GANDA BURUH GENDONG DALAM MENEGAKKAN PEREKONOMIAN KELUARGA (Studi Kasus Buruh Gendong di Pasar Giwangan Yogyakarta)

Asaddulloh Aris Zulkarnain, NIM. 17105040086 (2021) PERAN GANDA BURUH GENDONG DALAM MENEGAKKAN PEREKONOMIAN KELUARGA (Studi Kasus Buruh Gendong di Pasar Giwangan Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GANDA BURUH GENDONG DALAM MENEGAKKAN PEREKONOMIAN KELUARGA (Studi Kasus Buruh Gendong di Pasar Giwangan Yogyakarta))
17105040086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GANDA BURUH GENDONG DALAM MENEGAKKAN PEREKONOMIAN KELUARGA (Studi Kasus Buruh Gendong di Pasar Giwangan Yogyakarta))
17105040086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Buruh gendong merupakan sebuah pekerjaan angkat barang bawaan dari hasil transaksi di Pasar. Sebutan buruh gendong sendiri sudah melekat pada kaum perempuan tepatnya pada kaum ibu rumah tangga. Hal tersebut menjadikan peran ganda sekaligus beban ganda yang dialami oleh sosok pembantu perekonomian suami dalam rumah tangga. Namun karena adanya pemikiran orang-orang dahulu yang memegang erat kebudayaan diperkuat dengan sedikitnya pemahaman agama. Tentang pembatasan peran perempuan yang tidak seharusnya bekerja apalagi meninggalkan peran ibu rumah tangganya untuk waktu yang lama. Mayoritas buruh gendong sendiri merupakan seorang pendatang dari luar wilayah Giwangan. Hal tersebut dilakukan oleh para pekerja buruh gendong untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya buruh gendong memutuskan untuk ngekos di daerah dekat Pasar Giwangan itu sendiri bersama rekan-rekan buruh gendong lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran buruh gendong sekaligus ibu rumah tangga dalam membantu perekonomian keluarga. Tujuannya agar permasalahan ekonomi yang dialami keluarga tersebut mampu terbantu dengan bekerja sebagai buruh gendong. Sebagaimana peran struktural dalam keluarga dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga disaat sang istri pergi keluar sebagai buruh gendong. Melalui penelitian ini dengan menggunakan teori struktural fungsional Talcot Parsons beserta dampak yang ditimbulkan oleh pandangan ibu rumah tangga sebagi buruh gendong. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pekerjaan buruh gendong memiliki pengaruh terhadap peningkatan ekonomi di dalam rumah tangga. Peningkatan tersebut berdampak pada pemenuhan kebutuhan pokok terutama kebutuhan sekunder. Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan makanan, pakaian hingga pendidikan. Beratnya beban ganda yang dipikul para buruh gendong membuat pembagian peran ganda mampu diatasi dengan pergantian peran pada saat sang istri keluar menjadi buruh gendong yang dilakukan oleh sang suami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M.Pd. M.A
Uncontrolled Keywords: Peran Ibu Rumah Tangga, Buruh Gendong, Peran Ganda, Beban Ganda.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Oct 2021 18:28
Last Modified: 12 Oct 2021 18:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum