CADAR DALAM BINGKAI IDENTITAS SOSIAL KEBERAGAMAAN (Studi Living Hadis Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Hasibullah, NIM :17105050038 (2021) CADAR DALAM BINGKAI IDENTITAS SOSIAL KEBERAGAMAAN (Studi Living Hadis Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CADAR DALAM BINGKAI IDENTITAS SOSIAL KEBERAGAMAAN (Studi Living Hadis Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17105050038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (CADAR DALAM BINGKAI IDENTITAS SOSIAL KEBERAGAMAAN (Studi Living Hadis Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17105050038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Fenomena penggunaan cadar di Indonesia yang biasa dipakai oleh kelompok tertentu, seperti kelompok Niqab Squad, merupakan salah satu bentuk ekspresi keagamaan suatu Kelompok. Jika dipandang dari segi sosialnya,masyarakat bersikap menutup diri dengan hadirnya wanita bercadar di lingkungan mereka. Melihat kondisi demikian, banyak wanita yang mengenakan cadar di Indonesia mendapati dirinya masuk dalam kelompok minoritas atau kelompok yang dikucilkan masyarakat.Melihat fenomena yang ada di Indonesia, penulis merasa bahwa cadar merupakan salah satu dari permasalahan sosial keagamaan. Salah satu permasalahan tersebut berada di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menjadi sorotan hangat oleh publik baik media dan masyarakat secara luas, pasca munculnya Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor B- 1301/un.02/R/AK.00.3/02/2018 tentang pembinaan mahasiswi bercadar di UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian field research (lapangan). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara online, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Living Hadis. Untuk melihat latar belakang penggunaan cadar, peneliti menggunakan teori Alfred Schult: Latar belakang masa lalu Because motive (weil motive)dan latar belakang yang akan datangIn-order-to-motive. Untuk melihat praktek sosial mahasiswi bercadar, peneliti menggunakan teori interaksi dan relasi sosial. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hadis yang menjadi bentuk identitas sosial adalah riwayat Hakim 1/624 (atsar sahabat) dan riwayat Baihaki yang dimaknai dengan berbagai macam pemaknaan. 1. Cadar sebagai keinginan mengikuti pemahaman sahabat. 2. Cadar sebagai pelindung dan 3. Cadar sebagai pilihan untuk menggapai ridha orang tua. Serta praktek sosial mahasiswi bercadar diwujudkan dengan kajian di masjid-masjid dan ikut serta dalam organisasi mahasiswa (ORMAWA) dan organisasi lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mahatva Yoga Adi Pradana, M.
Uncontrolled Keywords: Mahasiswibercadar, Hadis, Identitas sosial
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Oct 2021 19:00
Last Modified: 12 Oct 2021 19:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum